WUKUF DAN SEJARAHNYA-3

Bismillahirrohmanirrohim
Arafah merupakan  sebuah lembah yang terletak di antara Muzdalifah dan Thaif. Terbentang mulai dari perbatasan kawasan Arafah sampai di gunung yang dinamakan Jabal Arafah. Yang mengelilingi lembah ini mulai dari arah timur berbentuk seperti setengah lingkaran.

Di ujung sebelah selatan adalah jalan menuju Thaif dan ujung utara terdapat Jabal Rahmah. Di sebelah barat terdapat sebuah bukit bebatuan, di tempat inilah Rasulallah berkhutbah. Di bawahnya terdapat sebuah musholla yang dikenal dengan nama mesjid Shakrat. Jarak antara batas awal Arafah dengan kaki gunung Arafah sekitar 1500 meter.

Wukuf di Arafah ini sah dengan keberadaan kita di salah satu bagian di kawasan tadi dengan syarat dalam keadaan ihram, baik itu berjalan kaki (dalam tenda); dalam kendaraan; tertidur, mengetahui atau tidak bahwa daerah tersebut adalah Arafah sepanjang melaksanakan wukuf pada waktunya.

Wukuf merupakan salah satu rukun haji terpenting, hal ini berdasarkan hadits Rasulallah. Kepada penduduk Najed ketika bertanya kepada Baginda Nabi: “Bagaimana haji itu?” Rasul : “Haji adalah (wukuf di) Arafah, barangsiapa yang datang sebelum shalat fajar dari malam harinya sesungguhnya yang bersangkutan telah berhaji”. H.R. Ahmad.

Padang Arafah semuanya merupakan tempat berwukuf,  kecuali kawasan ‘Urnah. Apabila seseorang wukuf di tempat ini, maka wukufnya tidak sah menurut ijma’ ulama. Wukuf diutamakan berada di bebatuan, sebuah tempat Rasulallah melangsungkan  wukuf.

Disunatkan bagi mereka yang hendak wukuf agar lebih dahulu mandi, berdiam di tempat wukuf dengan menghadap kiblat sambil membaca tahlil, takbir, talbiyah dan bershalawat kepada Rasulallah. Juga disunatkan dengan memperbanyak dikir kepada Allah dan berdoa karena kita  tahu bahwa hari Arafah adalah waktu segala do’a dikabulkan.

Kawasan Arafah saat ini telah ditanami pepohonan (orang arab menyebutnya: “syajarotus-sukarno,”) konon yang memprakarsai penanaman ini Presiden Sukarno.

Keutamaan Hari Arafah
Sejumlah hadits menceritakan keutamaan hari Arafah, : “Dari Abu Hurairah r.a; Nabi berkata : “Sesungguhnya Allah membanggakan mereka yang sedang  wukuf kepada penduduk langit dan berkata kepadanya : “ Lihatlah kepada hamba-Ku yang berdatangan kepada-Ku “.H.R. Ahmad  dan Ibnu         .

Dari Aisyah r.a. bahwa Rasulallah berkata :” Tak ada satu hari pada hari itu Allah membebaskan hamba-Nya dari api neraka yaitu pada hari Arafah”.

Jabal Rahmah
Sebuah bukit yang terletak di tengah-tengah padang arafah. Di luar musim haji, tidak terdapat tenda-tenda untuk orang yang wukuf. Arafah sangat lengang, maka jabal Rahmah menjadi tujuan wisata bagi mereka yang berkunjung ke Makkah.

Menurut sejarah, di bukit inilah bertemunya Nabi Adam a.s dengan istrinya Hawa  setelah mereka berpisah selama kurang lebih 200 tahun sejak di turunkan dari surga. Tempat pertemuan mereka itu diabadikan dengan berdirinya sebuah tugu.

Bukit ini di beri nama Rahmah yang artinya adalah kasih sayang. Setelah Siti Hawa wafat beliau di Maqamkan  di Al Kandara kota Jeddah. Adapun kota Jeddah artinya kota nenek, Adapun Nabi Adam a.s, sampai saat ini belum di ketahui makamnya. (FatchurR; bahan dari Abdul Wahab; http://www.spirithaji.com/ziarah-a-sejarah/825-wukuf-di-padang-arafah.html)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: