KERETA DI AARAFAH-1

Bismillahirrohmanirrohim
Bagi yang pernah melaksanakan haji, pasti merasakan betapa padatnya arus lalu lintas dari Arafah ke Muzdalifa-Mina pada musim haji atau pada tgl. 10 Zulhijjah. Sebanyak +/- 3 juta jamaah haji dari berbagai penjuru dunia tumplek secara berbarengan menuju satu titik di Muzdalifah.

Mereka melaksanakan mabit (berada di tempat tersebut) lalu kemudian dilanjutkan ke Mina untuk melontar jumrah aqobah. Demikian yang dilakukan oleh Nabi, urutannya. Namun, fatwa ulama membolehkan keluar dari sunnah Nabi (para kelompok fundamentalis, boleh mengaca pada kasus tersebut) yaitu dari Arafah-Muzdalifah, tidak langsung ke Mina, tapi terus langsung ke Masjidil Haram untuk melaksanakan tawaf ifadhah, melontar jumrah Aqobahnya pada sore harinya.

Pemerintah Arab Saudi akan memberlakukan transportasi kereta untuk mengurai kemacetan karena selama ini menggunakan bus yang ternyata sangat sulit untuk melaju di kawasan yang hanya berjarak sekitar 7 km tersebut. Untuk keperluan tersebut, Pemerintah Arab Saudi membenamkan anggaran sebesar US $ 1.75.

Fase pertama proyek sudah selesai dan fase kedua sudah dimulai dengan membangun double track rel sepanjang 18 km yang dapat mengangkut 8 gerbong tiap track. Halte kereta itu sebanyak 9 buah : di Arafat, Muzdalifa dan Mina, halte terakhir berada di dekat jumrah di tingkat 4.

Kereta tersebut diperkirakan akan dapat menampung daya angkut sebanyak 70.000 jamaah perjam dengan kecepatan antara 50-70 km. Dari Arah-Mina dapat ditempuh dalam waktu 7 menit. Coba bayangkan (seperti selama ini jarak yang pendek tersebut dapat ditempuh belasan jam).

Kereta itu beroperasi tiap 2 menit yang dapat membawa jamaah 3000 orang sekali angkut. Diperkirakan seluruh proyek KA itu akan selesai pada tahun 2012 dan dikerjakan oleh kontraktor dari Cina. (FatchurR; bahan dari Bang Nasr; http://agama.kompasiana.com/2010/07/04/kereta-di-arafah/)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: