PENGERAS SUARA

Penggunaan pengeras suara di masjid-masjid harus sesuai dengan aturan agar tidak mengganggu kenyamanan masyarakat di sekitarnya, termasuk pada bulan Ramadan. “Kalau di kampung-kampung pemakaian pengeras suara masjid sampai malam hari tidak terlalu dipermasalahkan masyarakat.

Bahkan, warga sering merasa ada yang kurang apabila di malam-malam Ramadan tidak ada pembacaan Alquran yang dikumandangkan melalui pengeras suara,” kata Kepala Kantor Kemenag Kab. Bandung H. Cecep Kosasih di sela pelatihan penyuluh agama Kemenag di Hotel Kanira, Bandung, Jumat (6/8).

Menurut Cecep, dengan kondisi masyarakat yang makin heterogen dan faktor rumah yang semakin berdekatan, penggunaan pengeras suara masjid harus dilakukan sesuai aturan. “Sejak 17/07/78, Dirjen Bimas Islam sudah mengeluarkan aturan penggunaan pengeras suara di masjid dan musala melalui surat Kep./D/ioi/78. Aturan itu, di antaranya, kondisi pengeras suara harus baik sehingga suara yang dihasilkan enak didengar,”ujarnya.

Aturan lain, masjid dan musala harus memiliki dua pengeras suara yakni untuk ke dalam dan ke luar masjid/musala. “Pengeras suara keluar hanya dipakai untuk mengumandangkan azan, ikamat, ceramah, dan takbir saat hari raya. Sementara untuk salat, doa, atau keperluan jemaah cukup dengan pengeras suara di dalam masjid/musala,” ucapnya.

Kegiatan membangunkan kaum Muslimin untuk salat Subuh maupun sahur cukup dilakukan lima belas menit sebelum waktunya. Tidak perlu untuk salat Subuh pengurus masjid memakai pengeras suara keluar pada pukul 3.00 WIB karena bisa mengganggu kenyamanan masyarakat,” katanya.

Begitu pun pada saat tadarusan/membaca Alquran selama Ramadan, kata Cecep, cukup memakai pengeras suara dalam. “Pengeras suara masjid/musala juga bisa dipakai untuk pengumuman kematian, keperluan warga, atau kepentingan umum lainnya,” kata Cecep didampingi Kasi Penerangan Agama Islam dan Masjid (Penamas) Kemenag Kab. Bandung, H. Undang Lukmanulhakim.
(FR; bahan dari PR/A-71;  tgl 09/08/2010 dan http://bataviase.co.id/node/333529)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: