PENYAKIT PASKA lEBARAN

Bismillahirrohmanirrohim
Lebaran yang berlalu sejak tanggal 10/09/10 tadinya merupakan momen yang paling dinantikan umat Muslim setelah Ramadhan berakhir. Selain dapat berkumpul dengan keluarga, lebaran identik dengan jadwal kegiatan dan makan yang tidak biasa dan bisa memicu sakit.

Saat lebaran, biasanya banyak tersaji makanan-minuman manis, bersantan dan berlemak. Dengan kondisi seperti ini, berbagai penyakit sudah siap menunggu bila Anda tidak dapat mengontrolnya. Dari sini kita perlu menghilangkan pameo : ”Sebodoh amat dengan persoalan ini, kan berobat gratis”

“Kalau pola makannya tidak diperhatikan, ada 3 kategori penyakit yang sering menyerang pasca lebaran,” tutur Dr. H. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB,FINASIM, Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan, FKUI-RSCM, saat dihubungi detikHealth, (11/9/2010).

Dr Ari menjelaskan, tiga kategori penyakit yang sering terjadi pasca lebaran adalah :
(1)    Penyakit kronis yang kambuh. Makanan manis, bersantan dan lemak merupakan musuh bagi banyak orang yang menderita penyakit kronis, seperti hipertensi (darah tinggi), kolesterol tinggi, diabetes, asam urat, serangan jantung dan stroke.

(2)    Penyakit karena kelelahan dan kecapekan. Mudik dan berlebaran biasanya membuat kita kurang tidur dan kelelahan. Bila tidak diimbangi dengan pola makan yang sehat, maka muncul penyakit seperti ISPA (Inspeksi Saluran Pernapasan Atas), batuk, pilek dan radang tenggorokan.

(3)    Penyakit karena kurangnya kebersihan makanan. Pada suasana lebaran, biasanya sampah makanan dan lalat ada dimana-mana, bila kondisi ini tidak diatasi dengan benar maka akan sangat mempengaruhi kesehatan, terutama yang berkaitan dengan sistem pencernaan.

Hal lain adalah masalah yang dihadapi oleh masyarakat perkotaan yang biasanya bergantung pada pembantu rumah tangga (PRT). Saat PRT mudik, orang kota biasanya sulit mencari makanan sehat dan bersih. Dengan kondisi itu, penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti diare akan banyak terjadi.

“Biasanya penyakit ini mulai menyerang pada minggu pertama setelah lebaran,” tambahnya
Menurut Dr Ari, penyakit tersebut seharusnya bisa dicegah bila orang tetap bisa menerapkan pola hidup sehat dan dan dapat mengontrol makanan yang akan dikonsumsinya.

Berikut beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit pasca lebaran :

(a)    Istirahat yang cukup. Setelah mudik dan berkumpul dengan keluarga, biasanya banyak yang mengalami kurang tidur. Hal ini bisa menurunkan stamina dan sistem kekebalan tubuh, yang akibatnya mudah terserang berbagai penyakit.
(b)    Tetap perhatikan kebersihan makanan
(c)    Bagi orang yang menderita penyakit kronis, harus tetap patuh mengonsumsi obat dan mengontrol pola makan.
(d)    Hindari makanan yang mengandung mengonsumsi buah dan sayur untuk membantu menyerap dan mengimbangi kolesterol. Selain itu, juga untuk melancarkan sistem pencernaan. (FatchurR; bahan dari Merry Wahyuningsih – detikHealth)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: