BUKA PUASA DI GEDUNG PUTIH

Bismillahirrohmanirrohim
Telat, masih lebih baik dari pada tidak, karena itu nikmati sajian ini. Mulai tahun 1996, sejak pemerintahan Bill Clinton, ada tradisi buka puasa bersama di Gedung Putih.Acara yang diselenggarakan Presiden USA beserta stafnya ini mengundang sekretaris kabinet, anggota kongres, duta besar negara Islam, pemuka dan tokoh agama Islam.

Acara ini untuk menjalin hubungan yang lebih baik antara USA dengan negara Islam atau negara yang mayoritas penduduknya Muslim. Tahun ini Presiden Obama menekankan bahwa tradisi yang berhubungan dengan semua agama dihormati dan dirayakan oleh pihak Gedung Putih, tak terkecuali perayaan agama Islam. Alangkah indahnya kalau kerukunan beragama demikian bisa ditiru.

Bagi Obama, buka puasa ini merupakan yang pertama baginya. Meski begitu, tak banyak perubahan dalam hal undangan dan, protokoler. Presiden Obama hanya meneruskan tradisi yang ada. Termasuk, mempercayakan White House Executive Chef, Cristeta Pasia Comerford, untuk bertanggung jawab terhadap sajian menu.

Wanita keturunan Filipina ini biasa dipanggil “Cris” oleh rekannya, mulai bekerja di Gedung Putih sebagai asisten juru masak tahun 1995 di masa pemerintahaan Presiden Bill Clinton. Menu makanan untuk buka puasa, sedikit berbeda dengan perayaan hari lain. Ada beberapa hal yang pantang dimasukkan saat mengolah makanan. Dan itu menjadi tanggung jawab Cris Comerford.

Michelle Obama mengatakan bahwa dia percaya penuh dengan Cris untuk soal pengaturan menu makanan. “Kami meminta Cris tetap menjadi kepala juru masak di Gedung Putih karena dia juru masak yang sangat berbakat dan pintar memilih dan mengatur menu yang sehat.”

Tahun ‘05 Laura Bush, Ibu Negara saat itu, mengangkat Cris menjadi White House Executive Chef. Artinya Cris adalah koki eksekutif wanita pertama dan orang pertama  yang berasal dari etnis minoritas untuk memegang posisi ini, yang dipercaya mengatur menu khusus makanan pihak kepresidenan.

Untuk acara buka puasa yang diselenggarakan tanggal 14/08/2010, Cris menyuguhkan menu bernama “Muslim Modern” yang terdri dari bahan ayam organik yang diolah dengan madu, makanan dari bahan kentang, almond, kacang polong, salad dan buah-buahan.

Makanan penutup yang disajikan adalah Kataifi Wafers dan Oranges and Lemon Sorbet. Minumannya air putih, teh, kopi dan jus. Untuk salad, wanita yang lahir 1962 ini  mengambil sayuran langsung dari kebun Gedung Putih.

Dan inilah salah satu yang disukai Michelle Obama, kesukaan Cris menyuguhkan hidangan segar berupa sayuran dan buah-buahan. ”Sejak dahulu saya memang suka mengolah makanan dari bahan-bahan organik atau sesuatu yang segar langsung dari alam,” kata Cris.

Cristeta Comerford belajar masakan Perancis di Vienna, Austria, tapi sekarang dia mengambil spesialisasi makanan tradisional dan makanan Amerika. Sebelum jadi juru masak eksekutif, ibu seorang anak ini pernah menjadi Chef Tournant di restoran La Ciel di Vienna, Austria, kemudian Chef di Le Grande Bistro di hotel The Westin dan Chef di the Colonnade dan The ANA Hotel, keduanya di Washington, D.C.

“Ini merupakan kehormatan dan tanggung jawab yang besar bagi saya,” katanya. Apalagi saat mengatur menu untuk buka puasa pertama kalinya, Cris mengaku mesti berhati-hati dan cermat memilih menu. “Sekarang sudah mulai terbiasa, tapi tetap saja harus lebih kreatif mengolah dan menyajikan dengan bahan-bahan yang cukup terbatas,” ujarnya sambil tersenyum.  (FatchurR; bahan dari Riana K. Liptak; http://kabarinews.com/)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: