BEDUG MASJID TERBESAR

Bismillahirrohmanirrohim
JAKARTA – Senin (3/9/2010) Jakarta Islamic Centre (JIC) kedatangan bedug terbesar di Indonesia. Bedug dengan panjang 3 dan diameter 2.10 Mt ini didatangkan dari Jepara, Jateng. Bedug yang terbuat dari kayu jati dan memiliki desain unik, berdasarkan ornament masjid JIC dibuat oleh H. Edy Husni, kepala sekolah asal Jepara, Jawa Tengah.

Bedug sendiri terdiri dari 3 komponen yaitu bedug, rumah bedug dan kentongan yang kesemuanya terbuat dari kayu jati dan nangka. Menurut Kepala Sekretariat Badan Pengelola Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta, JIC, Salehuddin Effendi, ornament bedug merupakan ornament Masjid JIC yang memiliki makna dalam setiap detail desainnya.

“Desain bedug ini memang memiliki makna dan semuanya berkaitan dengan Islam”, ujarnya.
Makna yang dimaksud diantaranya paku berbentuk logo JIC dan mengelilingi bedug berjumlah 99. Jumlah ini sama dengan asmaul husna (sifat Allah). Selain itu plafon rumah bedug yang ditutup dengan 40 lembar kayu jati, menunjukkan umur Rasulullah ketika pertama kali mendapatkan wahyu.

Desain lainnya yang juga memiliki makna yaitu jumlah ornament sebanyak 114 buah yang menunjukkan jumlah surat dalam Al-Qur’an. “Semuanya memiliki makna dengan harapan bedug ini tidak hanya mempunyai nilai estetika (keindahan) saja tapi juga memiliki arti dan kebanggaan bagi umat Islam sendiri” kata Salehuddin.

Bedug ini sudah berada di kiri mimbar Masjid JIC dan akan digunakan setiap pelaksanaan shalat Jumat dan perayaan hari besar Islam. (FatchurR; bahan dari gunawan; wwwwisatapesisircom; Jum’at, 03 September 2010 14:13)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: