MUSLIM RUSIA BERPUASA 20 JAM

Bismillahirrohmanirrohim. Beruntung Muslim yang hidup di daerah khatulistiwa dan tropis, karena jam puasa berjalan normal sepanjang tahun dengan cuaca bersahabat. Tahun ini, di negara Utara, puasa bertepatan dengan musim panas. Siang hari di daerah itu berkisar 16-20 jam, dengan kisaran cuaca 20-30°.

Di Mesir, puasa mulai pukul 4:05-7:30 malam (Dewan fatwa Mesir memutuskan mengurangi satu jam putaran, hingga jadilah magribnya 6:30). Total waktu puasa di Mesir, 15 jam. Di Turki, magrib pukul 8:30. Lebih ke utara, puasa lebih lama. Di Jerman, puasanya 17 jam, di Rusia 18 jam, bahkan di negara bagian Mormansik 20 jam.

Muslim Rusia banyak yang melayangkan pertanyaan hukum lamanya masa puasa dalam waktu yang panjang. Dewan fatwa Rusia tidak mengeluarkan fatwa resmi. Syaikh Ildar Aladinov, ketua dewan syariat Majlis Mufti Rusia mengatakan, dewan fatwa Rusia tidak memfatwakan permasalan ini.

“Namun umat Muslim wajib menunaikan kewajiban mereka sebatas kemampuan. Agama Islam adalah agama mudah. Jika memang ia tidak kuat berpuasa dalam waktu sepanjang ini, maka tentu ia boleh berbuka,” kata Aladinov.

Terkait hukum puasa di daerah yang siang hari musim panasnya memakan waktu yang sangat panjang, para ulama fikih memiliki tiga pandangan. Pertama, diwajibkan untuk berpuasa fulltime dari mulai terbit matahari sampai terbenamnya, meskipun jangka waktunya sampai 20 jam. Kedua, berpuasa sepanjang waktu puasa di Makkah. Dan, ketiga, masa puasanya disamakan dengan negara terdekat. Rusia, misalnya, bisa disamakan dengan Turki.

Syaikh Yusuf al-Qardhawi dan Dewan Fikih Islam Internasional lebih memfatwakan pendapat kedua, yaitu perkara shalat dan puasa di daerah yang musim panasnya sangat panjang, maka umat Muslim yang hidup di sana diperbolehkan untuk berpuasa sebagaimana umat Muslim berpuasa di Makkah.

Jadi, dalam kondisi demikian, Muslim Rusia boleh tidak berpuasa selama 20 jam, boleh berbuka sebelum matahari terbenam, menyesuaikan dengan waktu berbuka di Makkah. (FatchurR; bahan dari AGS/rusia al-yaum; eramuslimcom)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: