BERBAGAI KEBERKAHAN HALAL

Bismillahirrohmanirrohim
Setelah kita mengerti dengan penjelasan itu, maka jika seseorang mencari berkah namun di luar apa yang telah dituntunkan oleh Islam, maka ia berarti telah menempuh jalan yang keliru. Karena ingatlah sekali lagi bahwa datangnya barokah atau kebaikan hanyalah dari Allah.

Keberkahan yang halal bisa ada pada : diniyah dan hal duniawiyah, atau salah satu dari keduanya. Contoh yang mencakup keberkahan diniyah dan duniawiyah sekaligus adalah keberkahan pada Al Qur’an Al Karim; Rasul dan para sahabat.

Keberkahan seperti ini juga terdapat pada majelis orang sholih, keberkahan Ramadhan, makan sahur. Keberkahan pada hal diniyah saja semisal pada tiga masjid yang mulia yaitu masjidil harom, masjid nabawi, dan masjidil aqsho.

Sedangkan keberkahan pada hal duniawiyah seperti keberkahan air hujan, berkembangnya berbagai tumbuhan, susu dan hewan ternak.  Keberkahan yang halal kadang diketahui karena ada dalil tegas yang menunjukkannya, kadang pula dilihat dari dampak, juga dilihat dari kebaikan yang diperoleh. Namun untuk keberkahan dalam hal duniawiyah bisa diperoleh jika digunakan dalam ketaatan pada Allah. Jika digunakan bukan pada ketaatan, itu bukanlah nikmat, namun hanyalah musibah. (FatchurR; dari berbagai sumber)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: