BERBUKA DENGAN SEMANGKA

Bismillahirrohmanirrohim

ADA beberapa makanan yang membuat kita merasa senang dan segar saat memakannya, salah satunya adalah semangka.  Buah bulat yang isinya berwarna merah, kuning, dan hijau ini membuat kita merasa segar saat memakannya, terlebih di saat cuaca panas.

Selain menyegarkan, semangka juga kaya nutrisi dan rendah lemak. Sehingga sebagai salah satu menu berbuka puasa.
Semangka mengandung banyak vitamin, terutama vit A yang menjaga kesehatan mata. Juga vit C yang berguna sebagai antioksidan peningkat sistem imun, mempercepat penyembuhan luka, mencegah kerusakan sel, dan menjaga kesehatan gigi dan gusi. Juga ada vit B6 yang membantu kelancaran fungsi otak dan membantu perubahan proses protein menjadi energi.
Tomat merupakan buah yang kaya lycopene yakni zat antioksidan dan membantu melawan penyakit jantung dan kanker, khususnya kanker prostat. Namun ternyata, buah yang memiliki kandungan lycopene tertinggi di antara semua jenis buah dan sayur adalah semangka.
Jika anak Anda enggan makan sayuran seperti buncis dan bayam, yang kaya akan kalium, gantikan dengan semangka yang juga kaya kalium yang menjaga fungsi otak dan otot dan keseimbangan asam basa dan kandungan elektrolit dalam tubuh.

Juga, membantu menurunkan risiko terkena tekanan darah tinggi. Semangka juga mengandung asam amino citrulline dan arginine yang menjaga kelancaran aliran darah, arteri, dan fungsi jantung secara keseluruhan.
Dari berbagai cara penyajian semangka, dijus atau dimasukkan ke sup buah, sebenarnya cara terbaik adalah memakannya langsung setelah dipotong karena tak akan mengurangi kandungan nutrisinya. Untuk dipertimbangkan mengonsumsi semangka guna melepaskan dahaga anggota keluarga setelah berpuasa selama seharian penuh,

Namun, ingat jangan disajikan dengan banyak pemanis. Yang utama bagi penderita diabet, batasi mengonsumsinya dan upayakan agar kondisi diabet anda tidak lebih dari 200 mg/dl. (FatchurR; bahan dari prita daneswari / Pri/OL-08)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: