MERDEKA DARI BAU MULUT

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamualaikum wr wb.

Ketika bulan Ramadan mlut anda segar tidak berbau. Kalau begitu dibuat berbau dulu donk, biar artikel berikutini ada manfaatnya. Inilah kiat sederhana agar anda merdeka dan terbebas dari bau mulut selama puasa, agar lebih khusyuk beribadah.

(a)           Periksakan gigi dan mulut, sebelum bulan puasa ini tiba dan sempatkan. Tujuannya untuk mendeteksi karies yang mungkin terabaikan namun perlu ditambal, atau membersihkan karang gigi yang menumpuk. Karies dan karang gigi juga dapat berkontribusi sebagai sumber bau mulut. Akibatnya, kita jadi kurang percaya diri untuk berdekatan dengan orang lain selama berpuasa.

(b)          Perketat penjagaan kebersihan gigi dan mulut. Jika selama ini Anda sering lalai menyikat gigi sebelum tidur, kini pastikan hal itu tidak terjadi lagi.  Menyikat gigi jangan asal-asalan, caranya harus benar. Arah penyikatan atas-bawah dengan sedikit memutar, jangan lupakan daerah gigi belakang.

(c)           Sisa makanan tak hanya menempel di permukaan gigi, tapi juga bisa berakumulasi di sela gigi dan permukaan lidah. Karena itu mencegah bau mulut tidak cukup hanya dengan menyikat gigi. Bersihkan sela gigi dengan benang gigi (dental floss).

Karena bulu sikat gigi belum tentu dapat menjangkau ke sela gigi apalagi jika susunan gigi tumpang tindih. Permukaan lidah juga perlu disikat, perlahan dari atas ke bawah. Kini telah tersedia sikat gigi dengan kepala sikat berfungsi ganda, yang dapat digunakan untuk menyikat lidah.

(d)          Pilih makanan tertentu yang  kaya sulfur, dan  dimetabolisme oleh bakteri menjadi gas hidrogen sulfida (H2S) yang menyebabkan bau mulut.  Lebih baik hindari dulu makanan tersebut, terutama yang mudah menyangkut di sela-sela gigi.

Di antaranya adalah daging : Ayam, daging merah, dan daging yang digunakan pada makanan cepat saji. Selain itu, bawang putih, bawang bombay, dan telur juga termasuk dalam daftar makanan yang kaya sulfur. Boleh saja tetap dimakan, namun setelah mengkonsumsi makanan tersebut gigi harus dibersihkan secara seksama.

Wassalamualaikum wr wb. (BdKH bahan dari klikdokter-drg. Martha Mozartha / MM)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: