MASJID TUO KAYU JAO

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamualaikum wr wb.
Masjid Tuo adalah sebuah masjid tua yang berdiri sekitar abad ke-16 yang berlokasi di Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Di samping keasliannya yang tetap terjaga, arsitekturnya identik dengan Masjid Agung Demak di Jateng yang atapnya bersusun 3.

Namun dari beberapa segi, Masjid Tuo Kayu Jao memiliki beberapa keunggulan. Terutama dari segi filosofis dan isyarat pada bangunan tersebut. Atapnya yang terbuat dari ijuk melambangkan desain rumah adat Minangkabau yaitu Rumah Gadang.

Di bagian mihrab (mimbar dan tempat imam) diberi gonjong seperti Rumah Gadang. Jumlah tiangnya sebanyak 27 buah yang melambangkan 6 suku yang masing-masing terdiri dari ampek jinih (empat unsur pemerintahan adat) sehingga jumlahnya 24 bagian.

Ditambah tiga unsur dari agama yaitu khatib, imam dan bilal, sehingga jumlahnya menjadi 27. Aroma kuatnya agama Islam di daerah tersebut juga tergambar dari jumlah jendelanya yang 13 buah. Ini untuk mengisyaratkan rukum Shalat yang 13 macam.

Menurut seorang tokoh masyarakat setempat Alius Sutan Pamuncak, di awal pembangunan masjid tersebut hingga beberapa tahun lalu, pola bangunan yang tidak memakai paku masih dipertahankan. Mau tau lebih jelas, jika anda sedang rekreasi atau bertugas ke sekitar lokasi tersebut, silahkan menyempatkan sholat di masjid itu. Wassalamualaikum wr wb. (Noer Fatoni; bahan dari Wikipedia)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: