BERAKHLAK YANG KOKOH

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamualaikum wr wb.
Pastikan anda telah membaca artikel sebelumnya, agar pemahaman tentang menjadi muslim sejati tidak terputus di https://cvkca.wordpress.com/2010/07/31/keyakinan-yang-benar/#more-505
(1)    Berakhlaq yang kokoh.

Menjadi orang baik itu sulit, dan tidak ada masalah bagi yang memiliki tekad dan kemauan. Awal dari segala sesuatu itu rumit. Jika telah terbiasa, anda tidak akan pernah mengatakannya sulit. Ingatkah Anda ketika pertama kali anda belajar sesuatu, mengemudi misalnya.

Setelah mempelajari pola mesin penggerak (bagi yang bisa mengendara motor telah mengetahui), lanjut mencoba merealisir pengendalian mesin (setir, perssnelling, gas dan rem). Umumnya bergerak lancar ketika sepi dan mulai bermasalah ketika masuk dijalan yang ramai.

Setelah beberapa kali berlatih, anda sudah mulai terbiasa memegang setir, dijalan ramai, tikungan, tanjakan dan penurunan dan jalan dipotong orang lain yang tidak hati-hati. Tentu anda melupakan kesulitan pertama kali menjalankannya.

Demikianlah, ketika anda berlatih mengendalikan diri, membiasakan dengan hal-hal yang baik, dan menjauhi sikap-sikap yang tidak berguna. Semakin terbiasa, perilaku itu keluar dengan sendirinya secara otomatis.

Inilah yang disebut akhlaq, yaitu perilaku yang otomatis, dan mencerminkan ekspresi diri seseorang di segala tempat dan waktu. Sehingga, akhlaq bukanlah perilaku kondisional, yang hanya diekspresikan pada waktu tertentu, tetapi konstan dalam kondisi apapun. Allah Swt berfirman:
“Dan sesungguhnya kamu benar-benar memiliki akhlak yang agung”. (QS. Al-Qalam :4). Ikuti lanjutannya di ”Berpengetahuan yang cukup” di Blog ini juga. Wassalamualaikum wr wb. FatchurR

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: