IKHLAS, KUNCI SUKSES

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamualaikum wr wb.
BOGOR-Media Indonesia : ‘Ikhlas’ atau ketulusan dalam melaksanakan berbagai perintah agama serta tabah dalam menjauhi semua yang dilarang merupakan kunci meraih sukses ibadah Ramadan, kata Pengasuh Pondok Pesantren Lembah Arafah Bogor, KH Anwar Sanusi, Rabu (28/7).

Pesantren Lembah Arafah terletak di jantung wisata Puncak, di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jabar.  “Kalau mau meraih sukses menjalankan ibadah Ramadhan, kuncinya adalah ikhlas,” kata Anwar saat memberikan ‘tausiah’ di hadapan dosen dan karyawan IPB di kampus IPBnya.

Agriantia atau perkumpulan isteri dosen dan karyawan (Dharma Wanita) IPB pada Selasa menggelar kegiatan tarhib yaitu penyambutan bulan Ramadan.  Anwar mengemukakan, “Ikhlas merupakan kunci meraih sukses, tidak hanya Ramadhan, namun juga sukses dunia dan akhirat.”

Dia lantas menyitir sebuah hadits Nabi, yang menyebutkan bahwa orang yang melaksanakan ibadah puasa Ramadan selama sebulan penuh, maka dosanya akan diampuni Allah SWT.  Menurut dia, ada 3 hal yang menjadi syarat diampuni semua dosa yaitu keridhaan dan doa kedua ortu, karena keridhaan Allah sangat bergantung pada keridhaan keduanya.

Selanjutnya, antar suami-isteri harus saling memberikan maaf atas berbagai kesalahan yang pernah dilakukan. Terakhir, dengan tetangga atau kerabat harus akur.  “Bila tidak sapa, bukan hanya akan berdosa, namun pengampunan terhadap dosa-dosa yang pernah dilakukan menjadi terhalang,” demikian kata Anaw Sanusi.  Wassalamualaikum wr wb. (FatchurR disarikan dari : Ant/wt/X-11)

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: