HIDUPLAH EFISIEN

Rasululloh SAW bersabda,“Allah memberi rahmat pada hamba-Nya yang mencari nafkah dengan baik, membelanjakannya dengan efisien, dan sisanya ditabung.” (HR Ibnu Hasan). Dari hadits ini tersirat bahwa Islam mengajarkan agar hidup tidak berlebihan. Jika ada kelebihan rejeki, hendaknya ditabung.

Dalam Al Furqon (25) :7, disebutkan, “Mereka berkata: “Mengapa Rasul mengonsumsi makanan dan berjalan di pasar-pasar ?” Ini menyatakan bahwa Rasulullah juga bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Beliau tidak duduk begitu saja, menunggu kedatangan malaikat untuk melayani kebutuhan hidupnya. Hal ini secara tidak langsung mencontohkan bahwa umat Islam adalah umat yang Tidak boleh malas.

Dalam banyak riwayat, Umar bin Khatab lebih memilih keadaan lapar (perutnya kosong). Hal ini dikarenakan Umar berusaha mencontoh Rasulullah dan Abu Bakar, tokoh yang dijadikan contoh oleh Umar.

Dengan cara ini, Umar hendak menjelaskan bahwa setiap tindakannya akan selalu becermin pada Rasulullah, sehingga orang-orangpun yang belum pernah bertemu beliau akan mencontoh Umar. Seorang muslim mempunyai 2 kehormatan yg harus dia pertahankan :

(1)           Kehormatan lahir artinya hidup di dunia dengan layak, tidak bermegah-megahan dan berlebihan. Berpakaian hendaknya mesti pantas, merawat tubuh dengan baik, dan seterusnya.

(2)          Kehormatan batin dimaksudkan mengekang diri dari hidup yang tidak pantas, serta tidak mengambil hak orang lain. (FatchurR)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: