BERMANFAATLAH, JANGAN MENUNDA

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamualaikum wr wb.
Suatu pagi, seseorang yang mengidentifikasi dirinya sebagai sirtom93 menulis pesan di sebuah situs internet. Ia mengancam akan membakar sekolahnya di Norfolk, Inggris, pada pukul 11.30. Banyak orang di seluruh dunia membaca pesan itu, tetapi tidak berbuat apa-apa.

J.P. Neufeld berbeda. Ia membaca pesan itu pada pukul 10.47. Dari internet, ia melacak identitas sirtom93. Juga mencari nomor telepon kantor polisi Norfolk di Inggris yang berjarak 5.000 kilometer dari rumahnya di Kanada.

Berkat laporannya, polisi berhasil membekuk sirtom93 sesaat sebelum ia beraksi. Tindakan J.P. berhasil mencegah pembunuhan massal. Dengan membaca kita hanya menerima informasi, tetapi tidak bisa mengubah situasi.

Membaca Al-Quran dan assunah pun demikian; hanya sibuk meneliti kebenarannya saja tidak bisa mengubah apa pun. Tidak menghasilkan perubahan atau pertumbuhan rohani. Baru ketika orang berjuang mewujudkannya, ia “akan berbahagia oleh perbuatannya”.

Ketika firman Allah diwujud-nyatakan, kebesaran Allah bekerja. Kita bisa melakukan perbuatan yang baik dan benar bagi diri sendiri dan sesama. Dari situ kita bertumbuh. Memang tidak selalu kita berhasil melakukan firman, tetapi yang penting bertekun.

Sekalipun gagal, orang yang terus berusaha melakukan firman Nya akan berbahagia karena
mendapat pengalaman iman.  Banyak orang suka membaca Alquran, tetapi enggan memberlakukannya.  “Ini bukan saat yang tepat,” begitulah umumnya kita dalihnya.

“Nanti akan saya lakukan!” Ini adalah suatu bentuk penipuan diri. Dengan menunda melakukan firman,
kita kehilangan kesempatan untuk menjadi agen perubahan. Kebahagiaan pun menjauh. Sungguh sayang. Bagi mereka yang tekun melakukan Firman Nya, kegagalan hanya sukses yang tertunda.
Wassalamualaikum wr wb. (A. W)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: