DM FAKTOR RISIKO GAGAL GINJAL

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamualaikum wr wb.
DM merupakan penyebab gagal ginjal (nefropati) tahap akhir yang jumlahnya paling cepat meningkat di negara maju dan negara berkembang. Lihatlah dalam satu dekade (1984-1994), terjadi peningkatan insiden gagal ginjal tahap akhir pada pasien DM di AS, dari 29,2 per 1 juta penduduk tiap tahun menjadi 107 per 1 juta penduduk per tahun;

Sedangkan di Jepang dari 23,4 per 1 juta penduduk per tahun menjadi 66 per 1 juta penduduk per tahun; di Australia dari 4 per 1 juta penduduk per tahun menjadi 14 per 1 juta penduduk per tahun; dan di Norwegia dari 6,5 per 1 juta penduduk per tahun menjadi 15,4 per 1 juta penduduk per tahun.

“Gagal ginjal terjadi pada 30-40 persen pasien DM tipe 1 (tergantung insulin) dan pada 20-50 persen DM tipe 2 (tidak tergantung insulin) yang sudah berlangsung lebih dari 15 tahun”.

Pada DM tipe 1, hipertensi biasanya menunjukkan adanya gangguan ginjal. Sebaliknya hipertensi mendahului timbulnya DM tipe 2. Faktor lain penyebab nefropati diabetik adalah genetik serta merokok.
“Berhenti merokok dapat mengurangi risiko terjadinya nefropati diabetik. Karenanya, pasien DM dianjurkan tidak merokok”. Wassalamualaikum wr wb. (FatchurR disarikan dari berbagai sumber).

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: