TIDAK MEMBUAT KITA MISKIN

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamualaikum wr wb.
Marilah sejenak kita mengalihkan perhatian kita. Sedekah itu pada hakikatnya adalah ujian Allah pada jalur hablum minnanas. Oleh karena itu, seperti ibadah lainnya, bersedekah haruslah dilakukan dengan niat semata mematuhi Nya ( lillahi ta’ala); tidak perlu diketahui oleh orang lain.

Hai orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan pahala sedekahmu dengan menyebut dan menyakiti perasaan penerima, seperti orang yanq menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia, dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Al-Baqarah (2):264

Sedekah yang kita keluarkan hendaklah yang “berkualitas”, Artinya, besarnya sedekah sebanding dengan kemampuan kita. Atau dengan perkataan lain, besarnya sedekah itu bagi kita sendiri mempunyai nilai atau makna yang cukup berarti.

Bila kita berbahagia karena mendapat nikmat Allah, misalnya lulus ujian atau pun mendapat rezeki nomplok (yang tidak disangka), maka keluarkanlah sedekah yang besarnya kira-kira sanggup untuk membuat penerimanya merasa bahagia persis seperti apa yang kita rasakan.

Sedekah adalah pintu gaib untuk penambahan rezeki, demikian kata para ahli hikmah. ”Dan janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu nafkahkan, padahal kamu sendiri tidak mau menggunakannya dan melihatnyapun dengan memicingkan mata terhadapnya”. Al-Baqarah (2):267

Allah akan tetap menguji kita untuk melakukan sedekah, meskipun kita dalam keadaan susah. Jadi kita tidak perlu khawatir, karena Sedekah tidak akan mengakibatkan kemiskinan, tetapi sebaliknya Allah akan menggantinya dengan rezeki yang lebih baik. Wassalamualaikum wr wb. (Aguk, dari berbagai sumber)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: