LEBIH MUDAH MENGAJAK PJK-9

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamualaikum wr wb.
Mengontrol kesehatan (check up) organ : Paru-2, jantung, hati, ginjal, dan lambung jangan dilupakan dan dianjurkan setidaknya setahun sekali. Dibanding dengan orang sehat, penderita DM dua kali lebih mudah terkena PJK sebab lebih mudah terjadi penyumbatan pembuluh darah koroner.

Karena nutrisi dan oksigen yang diterima otot jantung berkurang, kapiler jantung bisa mudah rusak. Selain itu, penderita DM punya kecenderungan 17 kali lebih mudah mengalami gangguan fungsi ginjal atau mengidap batu ginjal (nefropati diabetik), bila kurang merawat diri. Ini karena infeksi berulang dan penyempitan pembuluh darah kapiler dalam ginjal.

Saluran kencing perlu perhatian karena kandung kemih melemah akibat otot polos dan saraf yang memeliharanya terganggu. Sifat kontrol sarafnya sering ikut terganggu, akibatnya air seni tanpa terasa keluar dengan sendirinya.

Pada pengidap DM menahun, otot serta saraf lambung juga mudah terganggu akibat gangguan proses pengosongan lambung dan makanan lebih lama tinggal di dalamnya. Bisa terjadi komplikasi pada otot polos serta sistem saraf usus, khususnya usus besar.

Kadar glukosa tinggi dalam darah pun bisa menjadi bahan toksis sehingga mudah merusak saraf penderita DM menahun. Yang paling dicemaskan diabetasi pria memungkinkan gangguan seksual dalam jangka waktu lama.

Bila sampai terjadi impotensi, menurut dr. David, tidak perlu diobati dengan suntikan hormon seks pria (testosteron) karena biasanya hormon testoteron pada penderita DM masih normal. Yang rusak hanya sarafnya.

Gangren (kematian dan pembusukan jaringan) pada kaki juga merupakan komplikasi yang ditakuti. Untuk menghindarinya, ada baiknya tiap hari tak lupa memeriksakan kakinya. Gosok kaki dengan minyak perawatan kaki untuk menjaga kulit tetap lunak, tidak kering. Hindari menyikat, mengiris kulit kaki, memotong kuku terlalu pendek sebab akan lebih memudahkan terjadinya infeksi.
Wassalamualaikum wr wb. (FatchurR-dari berbagai sumber)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: