MENCEGAH KEBUTAAN DARI DM-8

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamualaikum wr wb.
Kalau komplikasi DM akut datangnya mendadak, tidak demikian dengan komplikasi kronis yang berpeluang untuk dicegah. Komplikasi itu antara lain bisa berupa rambut yang mudah rontok. Ini dapat diatasi dengan perawatan teratur menggunakan vitamin dan mineral serta hair tonic.

Penderita DM mempunyai kecenderungan 25 kali lebih mudah terserang kebutaan. Akibat kadar gula mendadak tinggi, lensa mata berubah cembung dengan keluhan pandangan mata kabur. Kalau didiamkan, penderita akan sering mengeluh kaca mata-nya tak lagi jelas.

Tapi dengan perawatan yang baik penglihatan akan pulih dalam waktu 2 – 4 minggu. Bila terjadi katarak, sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter mata untuk kemungkinan operasi. Soal mata, yang perlu diwaspadai :

Rasa sakit yang hebat disekitar mata akibat meningkatnya tekanan bola mata. Itu merupakan salah satu pertanda glaukoma penglihatan secara ber-angsur, menghilang dan menjadi buta jika tidak diobati. Umumnya retinopati diabetik ini mengancam penderita DM yang sudah lama (10 – 15 tahun).

Masalahnya, terjadi penyempitan & kebocoran pembuluh darah kapiler retina. Kebocoran ini mengakibatkan perdarahan yang akan menutup sinar yang menuju retina. Diabetasi dengan komplikasi retinopati perlu perawatan dan obat secara cermat, terhadap penyakit DM dan kondisi matanya yang perlu pengawasan dokter mata. Pada stadium tertentu kelainan ini dapat diobati lewat tembak laser.

Yang juga bisa terjadi pada diabetasi menahun ialah pembengkakan organ telinga. Ini menyebabkan pendengaran sering terasa mendenging. Kalau tidak dirawat dengan baik, maka akan mudah rusak. Kesehatan mulut juga menuntut perhatian yang acap kali lidah menjadi lebih besar atau terasa tebal.

Ada kalanya timbul gangguan indera pengecapan. Keadaan ludah pun sering lebih kental sehingga mulut terasa kering (xerostomia diabetik). Atau sebaliknya, produksi ludah berlebihan (hipersalivasi diabetik).

Keadaan demikian bisa mengganggu kesehatan rongga mulut serta menimbulkan bau mulut kurang sedap. Gigi penderita DM menahun gampang goyah atau lepas. Sedang gusinya mudah bengkak dan gampang terkena infeksi. Karena itu kebersihan gigi dengan menggosoknya setiap kali selesai makan dan mengontrol berkala ke dokter gigi sangat dianjurkan.
Wassalamualaikum wr wb. (FatchurR-bahan dari berbagai sumber)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: