LARANGAN BERDUSTA

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamualaikum wr wb.
Nabi SAW bersabda : “Hendaknya kamu selalu jujur, karena akan membimbing kepada kebaikan dan kebaikan itu membimbing ke surga. Seseorang yang selalu berkata benar dan membiasakan mengatakan kebenaran akan dicatat disisi Allah sebagai orang yang benar .

Jauhilah olehmu dusta, karena dusta itu mengajak kepada kejahatan dan kejahatan itu mengajak ke neraka . Seseorang yang selalu berdusta, dan membiasakan berkata dusta akan dicatat disisi Allah sebagai pendusta .

Al Faqih menuturkan dari Ibnu Mas’ud r.a “Tanda orang Munafik ada tiga : Jika berkata ia berdusta, jika berjanji tidak ditepati, dan jika bersumpah berkhianat ” Abdullah mengatakan bahwa pembenaran terhadap pernyataan itu adalah firman Allah Ta’ala

“Dan diantara mereka ada orang yang telah berikrar kepadaNya, ‘Sesungguhnya jika Allah memberikan sebagian karuniaNya kepada kami, pastilah kami bersedekah dan pastilah kami termasuk orang-orang yang shaleh’.

Namun setelah Allah memberikan kepada mereka sebagian dari karunia-Nya, mereka kikir dan berpaling, dan mereka memang orang-orang yang selalu membelakangi (kebenaran). Maka Allah menciptakan kemunafikan pada hati mereka sampai pada waktu mereka menemui Allah, karena mereka telah memungkiri Nya, terhadap apa yang telah diikrarkan kepada-Nya dan juga karena mereka selalu berdusta” (QS. At-Taubah: 75-77)

Dusta adalah tanda orang-orang yang celaka. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Allah Ta’ala melalui firman-Nya : “Ini adalah suatu hari yang bermanfaat bagi orang-orang yang benar kebenarannya.” (QS. Al-Maidah: 119) ” Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Nya, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.” (QS.At-Taubah:119)

“Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan membenarkannya, mereka itulah orang-orang yang bertakwa. Mereka memperolah apa yang mereka kehendaki pada sisi Tuhan mereka.” (QS. Az-Zumar : 33-34) Allah mencela dan mengutuk orang-orang yang berdusta melalui firman-Nya : “Terkutuklah orang-orang yang banyak berdusta”. (QS.Adz-Dzariyat: 10) (sumber: Tanbihul Ghofilin

Wassalamualaikum wr wb. (FatchurR; bahan dari Koesh)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: