YANG MENIMPA MANUSIA

Ada lima keburukan yang menimpa manusia bila manusia mengabaikan lima hal berikut ini :
1. Kalah menghadapi musuh.
Janji memang harus dipenuhi, termasuk janji setia dalam perjuangan. Bila ini tidak dipenuhi, maka musuh-musuh akan mengalahkan dan menguasainya. Allah swt. berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman! Penuhilahjanji-janji (al-Maa’idah : 1)

2. Kefakiran melanda.
Tujuan hukum Allah swt. adalah untuk mewujudkan kebaikan dan mencegah terjadinya kerusakan. Bila hal ini diabaikan, maka salah satu akibat yang diderita manusia adalah kemiskinan, sedangkan orang kaya tidak merasa berkecukupan dan akhirnya tidak pandai bersyukur.

Allah berfirman, “Kemudian Kami jadikan engkau (Muhammad) mengikuti syariat (peraturan) dan agama itu, maka ikutilah (syariat itu) danjanganlah engkau ikuti keinginan orang-orang yang tidak mengetahui.” (al-Jaatsiyah : 18)

3. Bencana kematian.
Kejahatan yang melanda sehingga dilakukan secara terang-terangan akan menyebabkan kematian yang merajalela, baik dalam bentuk banyaknya kasus pembunuhan maupun bencana alam yang merenggut nyawa dalam jumlah yang banyak. Allah swt. berfirman,

“Katakanlah (Muhammad), Dialah yang berkuasa mengirimkan azab kepadamu, dan atas atau dan bawah kakimu atau Dia mencampurkan kamu dalam golongan-golongan (yang saling bertentangan) dan merasakan kepada sebagian kamu keganasan sebagian yang lain. Perhatikanlah, bagaimana Kami menjelaskan berulang-ulang tanda-tanda (kekuasaan Kami) agar mereka memahami(nya).” (al-An’aam : 65)

4. Krisis pangan.
Dalam perdagangan, para pedagang harus mengedepankan kejujuran, jangan sampai mereka mengurangi timbangan, literan, atau ukuran. Bila ini yang terjadi, akan terjadi krisis pangan atau musim peceklik.

Allah swt. berfirman, “Dan sempurnakanlah takaran apabila kamu menakar, dan timbanglah dengan timbangan yang benar. Itulah yang lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.”(al-Israa: 35)

5. Kemarau panjang.
Zakat merupakan kewajiban yang harus ditunaikan. Bila zakat tidak ditunaikan, Allah swt. akan menghukum manusia dengan kemarau yang panjang yang menyebabkan kesulitan dalam hidup yang dijalani manusia.

Allah swt. berfirman, “Telah tampak kerusakan di darat dan di taut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali ke jalan yang benar.” (ar Ruum : 41); Aguk

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: