TAFAKUR

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamualaikum wr wb.
Sesungguhnya bertafakkur (berpikir) merupakan aktifitas kalbu yang besar, kunci cahaya, permulaan penglihatan, dan jaringan berbagai macam ilmu dan pemahaman. Kebanyakan manusia telah mengetahui keutamaannya, namun mereka tidak mengetahui hakekat dan buah-nya.

Memang sedikit sekali dari kalangan manusia yang mau menggunakan kemampuan daya pikir dan renungannya. Padahal sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada manusia menggunakan akal dan pikiran untuk bertafakur dan merenung dalam banyak bagian yang tak terhitung dari kitabNya.

Mari kita renungkan, “Manakala terdetak dalam hati niat hendak berpaling karena putus asa, serukanlah dalam hatimu keras-keras Bersabarlah. Selanjutnya kosentrasikan pikiranmu untuk merenungkan penghambaan dirimu kepadaNya dengan penuh kerendahan.

Jika engkau mencari suatu perkara dibalik pikiranmu, maka perhatikan nikmat dan karuniaNya yang besar melimpah kepadamu, dan perbaharuilah sebutan dan ucapan syukurmu setiap kali beroleh nikmat. Selanjutnya renungkanlah lautan takdir yang berlimpah kepada seluruh umat manusia ;

· Ada yang diberi kebaikan atau keburukan; Juga diberi manfaat atau diberi mudharat;
· Mendapat kesulitan atau kemudahan, serta keberuntungan atau diberi kerugian
· Diberi pertolongan atau yang dihancurkan; serta yang disembunyikan atau ditenarkan;
· Ada yang diberi diberi iman atau kekafiran, serta diberi pengakuan atau keingkaran.

Jika kita mau bertafakkur dengan keadaan kita hari ini dan berfikir positip, tentunya kenikmatan yang tercurahkan kepada kita, sungguh terlalu banyak bahkan tidak dapat terhitung. Maka sepantasnya kita bersyukur kepada Allah Swt seraya memuji dengan mengucapkan

“Segala puji untuk Allah seru sekalian alam”
Allah menuntun manusia supaya berfikir dengan perumpamaan dan selalu menutup dengan kalimat ”Demikian dijelaskan tanda kekuasaan (kami) kepada orang yang berfikir (QS Yunus : 24)

· Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda–tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkannya (QS Ar Ra’d :3)

· Dan kami turunkan kepadamu Al Qur’an agar kamu menerangkan kepada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka supaya mereka memikirkannya (Qs An Nahl :44)

· Dan perumpamaan itu Kami buat untuk mamusia supaya mereka berpikir ( Qs Al Hasyr : 21)

Jika kita memikirkan dan merenungkan kebesaran Tuhan dalam penciptaan manusia. Sesungguhnya dalam eksistensi manusia masih banyak hal yang belum diketahui sampai sekarang. Maka lebih lagi bila kita ingin mengetahui segala sesuatu yang diciptakannya di bumi Nya yaitu dipermukaanya, di sungai-sungainya, dan di gunungnya.

Allah telah mempersiapkan bumi untuk dihuni. Dijadikannya terhampar, lalu menstabilkannya dengan gunung yang kokoh dan membuatkan di dalamnya sumber air, memancarkan banyak mata air, dan mengalirkan sungai serta menyimpan air di dalam dalam perut bumi.

Begitu pentingnya tafakkur para sahabat dan para ulama mengingatkan lagi tentang tafakkur :

o Umar bin ‘Abdul Aziz : “Mentafakkuri nikmat Allah merupakan ibadah yang paling utama.
o Al Hasan Al Bashri : “ Ketahuilah bertafakkur akan mendorong kebaikan dan menggugah untuk mengamalkannya. Menyesali keburukan akan menorong pelakunya untuk meninggalkannya.

o Wahb bin Munabbih : “ Tidaklah sekali-kali seorang tenggelam dalam tafakurnya melainkan beroleh ilmu, dan tidaklah sekali-kali seorang beroleh ilmu, melainkan terdorong untuk mengamalkannya. Oleh karena itu kita seharusnya melestarikan tafakkur

Mari kita bermohon kepada Allah Swt semoga Dia menjadikan kita termasuk orang-orang yang selalu bertafakkur dan termasuk orang yang selau mendapat petunjuk. Wassalamualaikum wr wb.

(Aguk disarikan dari http://marwan-kultum.blogspot.com/2008_01_01_archive.html)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: