CINTA KEPADA ALLAH (3)

DERAJAT CINTA
Bismillahirrohmanirrohim, Assalamualaikum wr wb.
Ibnu Qoyyim Al Jauziyah membagi 3 derajat manusia tentang cinta.

1. Cinta yang memotong bisikan-bisikan, yang membuat pengabdian terasa nikmat. Dia tidak pernah merasa penat karena pengabdiannya itu. Orang yang mencintai juga lupa ter-hadap musibah yang menimpanya karena dia sudah mendapatkan kenikmatan cinta. Bahkan karena kekuatan cinta ini, dia tetap merasakan kenikmatan sekalipun musibah yang datang dari kekasihnya amat banyak.

2. Cinta yang mendorong untuk mementingkan Allah dari pada selain Nya, menggerakkan lisan untuk menyebut namaNya, menggantungkan hati kepada kesaksian Nya. Derajat ini lebih tinggi dari dari derajat pertama.

Pertimbangan sebab dan tujuannya Artinya : (1) cinta harus dikukuhkan (2) Mengetahui sifat-sifatnya (3) Tidak menyimpang dri nash Nya (4) Tidak membuat penyerupaan dengan Nya.

3. Cinta pada derajat ketiga ini merupakan poros orang-orang yang berjalan kepada Allah, karena cinta ini bersih dari noda, kotoran dan cacat. Sedangkan selainnya adalah orang yang mengharapkan sesuatu dari kekasihnya Cinta ini disifati lisan, yang diseru akhlak dan diserukan akal. Sebab akal, fitrah, syariat dan pandangan semuanya mengajak untuk mencintai Allah.

Wassalamualaikum wr wb.
Aguk disarikan dari : http://marwan-kultum.blogspot.com/2008_01_01_archive.html

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: