CINTA KEPADA ALLAH (1)

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamualaikum wr wb.

Tidak kurang 30 ungkapan tentang cinta disampaikan oleh Ibnu Qoyyim Al Jauziyah, dalam bukunya Madarijus Salikin, antara lain :

· Orang yang mencintai lupa bagiannya karena sang kekasih dan dia lupa kebutuhan dirinya.
· Yang disebut cinta ialah seluruh apa yang ada pada dirimu disibukan oleh kekasih.
· Cinta adalah perjalanan hati menuju sang kekasih dan lisan menyebut namanya. Tidak dapat diragukan lagi bahwa siapa yang mencintai sesuatu tentu dia akan menyebutnya.

Ungkapan tersebut pantas untuk kita renungkan seberapa besar cinta kepada Allah. Sebagai tolok ukur marilah kita pedomani firman Nya :

”Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Allah. (Qs Ali Imran : 165).

Menafsiri ayat tersebut Ibnu Qoyyim AJ menerangkan, “ Allah mengabarkan bahwa siapa yang mencintai sesuatu apapun sebagaimana dia mencintai Allah, maka dia termasuk orang yang menjadikan selain Allah sebagai tandingan, bahkan menjadikan menjadi sesembahan. Maka Ini termasuk syirik yang tidak diampuni Allah.

Jika dia menyatakan sebagai orang beriman maka mereka sangat cinta kepada Allah. Orang-orang beriman lebih cinta kepada Allah, daripada orang musyrik terhadap tandingan selain Allah. Sebab cinta orang mukmin adalah cinta yang murni dan tulus, sementara cinta orang musyrik bisa lenyap dengan lenyapnya sesembahan tandingan.

Wassalamualaikum wr wb.
Aguk disarikan dari : http://marwan-kultum.blogspot.com/2008_01_01_archive.html

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: