MENABUNG DAN CERDAS FINANSIAL

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamualaikum wr wb.
Kalau kita membicarakan menabung, ada konotasi berhubungan dengan Bank atau tabungan untuk melatih anak-anak mengumpulkan uang receh dalam bentuk stoples, mainan, kencleng, kaleng dan sebagainya.

Sebetulnya tabungan, bagi para pemilik uang dalam bentuk pembelian properti (rumah atau tanah), disamping harganya yang makin meningkat, barang tabungan tersebut berpotensi menghasilkan tambahan uang jika disewakan.

Marilah sejenak kita lupakan cara diatas, dan mencoba berinovasi dengan cara lain yaitu menabung dengan cara menanam biji pepohonan, menstek tanaman hias atau cara pembiakan lainnya yang memungkinkan kita bisa memanen hasilnya

Beberapa langkah strategis yang dapat dilakukan DKM diantaranya adalah :

1. Mengajak para jamaah atau warga sekitar mengumpulkan biji buah-buahan agar tidak dibuang untuk dimanfaatkan petyugas DKM. Disamping itu mengajak warga menyumbangkan tanaman yang layak stek atau pembiakan dengan cara lain, disumbangkan kepada DKM

2. Petugas yang ditunjuk, menyediakan plastik untuk menanam biji atau bibit tanaman yang layak dikembangkan. Juga menyiapkan media, bisa berupa tanah, sekam, pasir Malang, kompos dan media tanaman lainnya disesuaikan dengan karakter tumbuhan tersebut.

3. Petugas atau warga yang diamanahkan memelihara tanaman itu, diwajibkan belajar dari para pelaku usaha semacam itu, atau bebas dimanapun mereka menggali ilmu menanam.

4. Karena sifatnya menabung, maka diharapkan pada masa pemeliharaan tersebut, mereka harus tekun merawat, tanpa berharap hasilnya dengan segera sampai hasil tanaman layak jual.

Jika DKM merintis hal-hal demikian (tidak harus selalu dengan memelihara tanaman, silahkan mencari cara lain), Insya Allah akan membiasakan warga / petugas untuk memanfaatkan sisa waktu yang pada saatnya mungkin akan menjadi pelaku usaha besar jika terus dikembangkan.

Ini berarti Masjid bisa mempelopori ”Cara berfikir sebagian dari cerdas finansial”. Jika usaha sambilan ini berhasil, saya yakin yang diuntungkan akan menyumbang sebagian kecil keuntungannya untuk Masjid. Semoga ada yang tergugah merealisirnya, amien. Wassalamualaikum wr wb. FatchurR

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: