PENYELENGGARAAN QURBAN DAN EVALUASINYA

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamualaikum wr wb.
Untuk pertama kalinya DKM Masjid Al Muaawanah (MAM), pada tahun 1430 H menerima titipan hewan qurban sebanyak 14 ekor sapi dan 5 kambing. Suatu jumlah yang fenomenal dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang relatif kecil.

Pada penyelenggaraan tahun ini ada beberapa perubahan yang antara lain menuju kepuasan para Mudohi (Yang menyerahkan hewan qurban) dalam memberikan pelayanan kepada mereka diantaranya :
o Adanya mekanisme kerja yang disepakati termasuk survey hewan qurban, cara penyediaan konsumsi Mudohi dan petugas.

o Lokasinya lebih baik dari sebelumnya, tidak becek, aman termasuk ketika ditinggal sholat Jumat. Terima kasih kepada Bpk/ Ibu H. Muh. Ridlo Eisy atas pinjaman tempatnya.

o Keterlibatan dan partisipasi Ibu-ibu Komplek Sukamenak Indah
o Tersedia Snack untuk Mudohi. Disamping untuk Petugas yang berlimpah diantaranya : Snack; makan siang, bakso, rujak, pisang dan bala. Karena itu sore hingga malam hari tersedia cukup

o Kegiatan penyembelihan dan proses didtribusi cepat selesai karena dukungan ibu-ibu, tambahan relawan 40an diluar jumlah petugas yang berjumlah 60an dan dukungan tukang jagal dari luar.

o Adanya program ”Tabungan untuk qurban” pada tahun-tahun mendatang
o Ucapan terima kasih kepada Mudohi, disajikan dalam HVS yang dibalut hiasan border, sehingga mirip sertifikat pendidikan.

Namun demikian dibalik sukses luar biasa untuk ukuran masjid MAM yang kecil, tersembul peluang perbaikan pada penyelenggaraan pada tahun-tahun mendatang diantaranya :

• Beberapa Mudohi menitipkan hewan qurban satu dan dua hari sebelum hari H, sehingga ada yang tidak tertampung dan sangat menyibukkan panitia, karena harga hewan qurban naik disamping persiapan lainnya yang relatif rumit.

Nantinya, jika mengedarkan pengumuman, sekaligus ditanyakan calon mudohi, rencana mereka ber ”Qurban”. Mengajak Mudohi membantu mencari pasangan kelompok (7 orang), bagi yang berqurban sapi. Pelunasan qurban, diharapkan sesegera mungkin dan paling lambat H-7

Apabila data tersebut lengkap dan rapi, maka proses pemesanan sapi menjadi lebih terarah dan penyiapan ucapan terima kasih, konsumsi mudohi dan aktivitas lainnya akan berjalan dengan baik.

• Besarnya jumlah petugas dan relawan, berakibat biaya yang ditanggung DKM menjadi sangat besar. Solusi persoalan ini, akan dicoba dengan sistem borongan kepada warga RW 04 yang sanggup dengan biaya yang memadai sesuai hasil survey.

• Dibidang Keuangan, diberlakukan penggunaan Kode Akun (MTA=Mata Aggaran) pada masing-masing kelompok pemasukan dan pengeluaran, sehingga dapat dievaluasi kelompok pengeluaran. Agar tahun berikutnya dapat dikontrol kewajaran pengeluarannya. Dengan demikian kelompok konsumtif untuk selanjutnya bisa dikendalikan
• Pembagian daging qurban untuk Mudohi dan lainnya, terjadi kesalahan sehingga ada perbedaan jumlah daging antara penerima yang satu dengan lainnya. Selanjutnya pada tahun berikutnya, akan diatur :

 Mekanisme kontrol daging untuk Mudohi dipintu gerbang. Sehingga daging yang akan dibagikan telah diperiksa oleh panitia yang ditunjuk.

 Pembagian untuk warga RW 04, akan ditunjuk seorang panitia yang bertanggung-jawab tiap wilayah RT. Bila diperlukan dan disepakati melibatkan Pengurus RTnya masing-masing.

 Kepada relawan diberikan hadiah daging dengan isi bungkusan yang diupayakan sama atau setara. Sedangkan untuk panitia disamping bungkusan yang sama juga kaki sapi.

• Melalui forum ini kami masih menerima masukan saran agar pelaksanaan tahun-tahun berikutnya akan makin dan selalu membaik.
Wassalamualaikum wr wb. FatchurR

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: