MENDIRIKAN GRUP BERMANFAAT

1. Pembuka episode

a. Pengertian sukses.
Marilah kita menyamakan persepsi tentang pengertian sukses (menurut saya) adalah : Kita individu atau organisasi “Grup bermafaat Masjid Al Muaawanah (GB MAM)” yaitu Memiliki Visi-Misi yang jelas, bertumbuh dijalankan untuk mencapai potensi dan peluang yang ada pada komunitas kita secara maksimal dan menaburkan benih yang menguntungkan bagi masyarakat.

Tulisan ini juga dimuat pada, http://fatchurr.blogdetik.com/2009/11/27/mendirikan-grup-bermanfaat/#more-172

b. Jabatan mencapai sukses
Untuk merealisir sukses itulah, saya pribadi hanya mau ditempatkan pada jabatan rangkap dan “Basah” di MAM, yaitu : Seksi Manajemen Mutu; Seksi IT (Teknologi Informasi); Seksi Pengembangan Usaha (Koperasi MAM); dan Seksi Kultum Kemasyarakatan. Jabatan tersebut secara bertahap sebaiknya ada yang menggantikan dengan melakukan pengkaderan.

c. Pengkaderan dan silaturahmi
Ajakan kumpul-kumpul, bersilaturahmi, saling mengenal satu dengan lainnya yang tinggal dalam satu RW (setidaknya pernah berdomisili) dan berburu sukses (”bermanfaat”). Cara ini juga merupakan pengkaderan, sebagai estafet hidup bermasyarakat menggantikan seniornya.

2. Konsep komitmen dan kode etik
Menyadari bahwa mayoritas manusia yang ber Visi-Misi dipastikan akrab dengan kesibukan. Karena itu agar sukses dapat dijalani dengan hambatan yang sesedikit mungkin, maka diperlukan komitmen :

a. Bisa mengatur waktu sehingga tugas pokok anda tidak terganggu (kata-kata sibuk ada baiknya diganti,
”saya bisa melakukannya dengan target waktu kapan dan target prestasi apa”

b. Marilah aktifitas ini dilakukan tanpa pamrih (namun tidak tertutup kemungkinan muncul rejeki)

c. Berbeda merupakan karunia yang patut kita kelola dan segera mencari solusi untuk disepakati

d. ”Ketidak mampuan saya mengerjakan” akan sangat tepat jika dirubah menjadi ”Kontribusi yang bisa saya sajikan adalah…………………”.

3. Pilihan bermanfaat
Banyak cara bermanfaat dimanapun dan kapan saja. Khusus dalam komunitas yang akan kita bentuk ini ada beberapa peluang diantaranya :

a. Berbagi ”pengalaman kegagalan dan sukses atau ilmu pengetahuan bermanfaat” kedalam Web Blog yang telah tersedia serta mengoreksi / mengomentari Web blog tersebut sebagai quality control.

b. Butir a tersebut untuk disajikan dalam acara Kultum = Kuliah tujuh menit, yang mungkin jadwalnya setelah Isya bergantian seminggu sekali. Misalnya tiap hari Rabu jam 19.30-20.00. Tema kultum adalah pengetahuan kemasyarakatan.

c. Membangun sistem manajemen mutu. Sehingga organisasi yang dibentuk : DKM, Grup bermanfaat MAM dan Koperasi MAM berstandar internasional yang menghasilkan iovasi, prestasi dan kepuasan

d. Mengajak para ortunya untuk bergabung dalam kopmas atau anda yang menjadi anggota.

e. Berkontribusi dalam koperasi MAM, sebagai pendiri, pengurus atau diluarnya dalam bentuk masukan tentang AD/ART, Strategi usaha, usulan besarnya Simpanan Pokok, simpanan wajib, dan segala hal yang diperlukan dalam berkoperasi, atau belajar dan maju bersama.

4. Menuju berdirinya Koperasi (Koperasi MAM)
Berbekal impian besar ini, marilah GB MAM menyusun konsep pendirian Koperasi MAM dengan tujuan yang luhur yaitu : Membantu menyejahterakan masyarakat, khususnya lingkungan masjid Muaawanah.

Prioritas yang akan dilakukan diantaranya memasarkan produk dalam negeri (khususnya dari kabupaten Bandung) dan memberikan konsultansi untuk penciptaan lapangan pekerjaan dan pemberdayaan UMKM. Inilah Misi dan cita-citanya.

5. Misi Koperasi MAM
Untuk mewujudkan Misi tersebut, kegiatan pokok yang akan dilakukan Koperasi MAM, antara lain :
a. Memberikan penerangan tentang kewira-usahaan, memfasilitasi penambahan pengetahuan Bisnis praktis, produksi, mengupayakan dan memfasilitasi mesalah permodalan.

b. Bekerja sama dengan UMKM di Kabupaten Bandung, dalam upaya penyelesaian masalah mereka misalnya : Ikut memasarkan produknya, masalah teknologi informasi dan hal hal yang mereka butuhkan sesuai kemampuan Koperasi MAM.

c. Membina masyarakat kurang mampu untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan peningkatan pendapatannya bagi yang telah berwira usaha

d. Secara bertahap membangun dan mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu dan kemajuan teknologi diantaranya teknologi informasi

6. Memberikan tambahan pengetahuan
a. Akan dilakukan Kuliah Tujuh menit (Kultum), lokasi di Masjid. Jadwal dan topiknya sedang disusun sesuai dengan harapan jamaah Masjid, masyarakat dan kemampuan penceramah.

b. Masalah aktual yang diperkirakan akan disajikan diantaranya : Membangun jiwa berwira usaha, mengenal kesehatan praktis, kebersihan, psichologi-perilaku, membangun logika bermanfaat bagi bermasyarakat, sosialisasi obat obatan, pengenalan manasik Haji dan topik lainnya yang berkembang dan diharapkan masyarakat.

c. Beberapa calon penceramah yang sudah dihubungi dan menyanggupi tanpa dibayar diantaranya : Pelaku usaha, Dokter, Psicholog, Penyelenggara ibadah Haji (KBIH), Wartawan, Praktisi Manajemen Mutu dan Logika bermanfaat bagi masyarakat / lingkungan. Hingga kini calon pembicara lainnya sedang dalam proses pencarian.

d. Langkah yang telah dilakukan : Telah memperoleh sumbangan pinjaman Note book (lap top) dan Multi Media Proyektor untuk mengimplementasikan program tersebut. Kini kami sedang menyiapkan dan melatih calon operator dan pelaksana.

7. Bekerja sama dengan UMKM di Kabupaten Bandung
a. Menginventarisir para pelaku UMKM, produsen barang / jasa tertentu yang berdomisili di Kabupaten Bandung, untuk saling mengenal posisi dan mengkompulasi permasalahan dan harapannya mereka.

b. Mencari peluang, misalnya : Bekerja sama dalam pemasaran, memberikan bimbingan Manajemen mutu, pengenalan / mengajak berteknologi informasi dan sebagainya, disesuaikan kebutuhan mereka dan kemampuan Koperasi MAM.

c. UMKM yang terpilih, akan diamati proses bisnisnya dan menyarankan mereka untuk mempertahankan dan atau meningkatkan mutu dengan quality control yang baik, efisiensi dalam rangka persaingan harga

d. Hal-hal lain yang dirasakan perlu didiskusikan dan dapat dilaksanakan kedua belah pihak, demi pencapaian kepuasan konsumen

8. Bekerja dengan UMKM dan komunitas lain
a. Berbekal peluang pada butir 4, diperlukan pencarian pelaku usaha lain dan komunitas tertentu. Kepada mereka, kami akan mengenalkan dan mendorong untuk cinta produk dari UMKM Kab Bandung dengan tujuan utama mengurangi laju pertumbuhan produk impor dengan memprioritaskan saran mengonsumsi produk Kabupaten Bandung

b. Kepada mereka mempromosikan aneka produk dalam negeri, yang diupayakan telah dikemas dengan menarik, mutu yang sebanding dengan harga dan pelayanan yang yang terbaik.

c. Beberapa calon konsumen adalah : Komunitas yang akan disebutkan kemudian sambil nunggu usulan anda

9. Pembinaan masyarakat kurang mampu
a. Di Komplek wilayah RW 04 tempat lokasi Koperasi MAM, terdiri dari 6 RT. Salah satu wilayah RT jumlah penduduknya sebanding dengan 5 wilayah RT lainnya.

b. Satu wilayah RT tersebut dihuni oleh mayoritas warga miskin, kurang mampu dan atau tuna karya. Penghasilan dari Usaha yang dilakukan umumnya pas-pasan dan ada yang dibawah minimal kebutuhan hidup

c. Kepada pengangguran akan dibantu difasilitasi pelatihan kerja gratis melalui lembaga atau Pemda. Jika memungkinkan Koperasi MAM akan mengawal hingga berhasil membangun usaha.

d. Khusus untuk pelaku usaha barang / jasa berpenghasilan rendah akan diberikan pelatihan dan motivasi melalui Kultum dan diberikan ilmu memproduksi atau memanfaatkan peluang sebagai kegiatan sambilan yang tidak tertutup kemungkinan menjadi usaha utama.
Teori praktis akan akan dicarikan dari literatur atau eksplore internet. Sedangkan praktik memproduksi sesuatu akan dicarikan produsen yang mau membantu

e. Melakukan kegiatan lain yang bermanfaat bagi mereka sesuai harapannya dan kemampuan Koperasi MAM

10. Sistem Manajemen Mutu dan TI
a. Mendorong pengurus DKM untuk menoleh pada periode kepengurusan masa lalu dan menganjurkan usulan untuk mengadakan perubahan, berdiferensiasi, berproses yang tidak rumit, berprestasi, menghasilkan manfaat dan kepuasan bagi stake holder (Masyarakat, Jamaaah masjid, Pengurus, Pemda dan sebagainya).

b. Mengenalkan kepada jamaah dan masyarakat dewasa yang lama meninggalkan dan yang tidak pernah menyentuh komputer untuk dilatih mengoperasikan Microsoft office sederhana, beremail, berdiskusi melalui milis, berface book, dan mengais ilmu atau berbisni via website.

c. Bagi peminat akan diupayakan dapat membeli seperangkat Laptop dan modem internet. Jika keuangan memungkinkan mereka akan diberi kesempatan untuk membayar secara mengangsur. Sudah ada gelagat peminatnya sebanyak 7 orang.

d. Saat ini Masjid AM memiliki WebBlog sementara : https://cvkca.wordpress.com; Disamping itu tersedia juga Web Blog untuk pembinaan remaja dan usaha yaitu : http://binaremajafr.blogspot.com dan http://bina-usaha.com dan yang anda baca ini http://fatchurr.blogdetik.com; yang dapat dimanfaatkan untuk menambah wawasan, melatih hobi dan wadah mengekspresikan kemampuan warga yang belum tergali dan masih tersembunyi.

e. Tidak tertutup kemungkinan semua blog tersebut akan dimanfatkan untuk pemasangan iklan, yang hasilnya akan diserahkan untuk kepentingan DKM setelah dikurangi biaya operasional.

11. Berkoperasi yang profesional
a. Koperasi akan dijalankan dengan menganut UU No. 25 tahun 1992 tentang perkoperasian dengan peraturan-peraturan turunannya. Berprinsip profesional, juga melakukan diferensiasi untuk prestasi, sehingga jika memungkinkan menjadi terbaik dan diteladani.

b. Disamping Koperasi MAM diminati sekitar 25 orang warga, Lembaga DKM Masjid ditempatkan sebagai anggota dengan segala kewajiban dan haknya. Koperasi akan memberikan SHU kepada DKM sebagai anggota dan prosentase SHU sejumlah tertentu sesuai dengan kesepakatan anggota.

c. Saat ini sudah ada janji dari beberapa warga yang akan menyumbang untuk DKM khusus dialokasikan membayar Simpanan Pokok, SW dan Simpanan Sukarela.

d. Semaksimal mungkin Koperasi MAM akan efisien dan efektif diantaranya dengan memanfaatkan Teknologi Informasi sesuai kemampuan dan tindakan lainnya.

12. Yang dibutuhkan
Untuk meraih impian dan program besar ini diperlukan waktu yang sangat panjang, kecuali jika Pengurus dan karyawan berbudaya kerja keras, optimis menggapainya dan :

a. Dukungan dari Pemda dalam bentuk pembinaan strategis untuk berkoperasi yang benar dan berprestasi
b. Dukungan dari seluruh pengurus, remaja yang dinamis, karyawan, nara sumber untuk selalu melakukan yang terbaik bagi Kopma AM tanpa pamrih.
c. Dukungan masyarakat bahwa : Mengonsumsi dan mengunakan produk dalam negeri merupakan kewajiban kita bersama

13. Penutup
a. Kami menyadari bahwa Visi-Misi kami merupakan impian besar dan luhur yang menggapainya memerlukan waktu relatif sangat lama jika dilakukan Koperasi MAM sendiri. Karena itu bantuan saran dan dana dari semua pihak sangat kami nantikan

b. Ukuran sukses bagi kami adalah : Memahami Visi-Misi tersebut, bertumbuh dijalankan untuk mencapai potensi dan peluang yang ada pada kami dan pihak lain secara maksimal dan menaburkan benih yang menguntungkan bagi sesama.

c. Semoga gayung impian besar ini bersambut mulai dari Pengurus Koperasi MAM, Masyarakat dan Pemerintah Daerah. FatchurR

Tag:

3 Tanggapan to “MENDIRIKAN GRUP BERMANFAAT”

  1. Pinjaman Koperasi Says:

    Memang sukar kalau hidup banyak hutang.

  2. aim supendi Says:

    Alhamdulillah saya dipertemukan dengan blog ini, semoga impian besar ini segera terwujud, aamiin. Jazzakumullah.

  3. karya cipta agung Says:

    Terima kasih perhatiannya. Upaya yang baik dan luhur, biasanya perjalanannya terjal dan harus ngo-ngosan untuk merealisirnya dengan sukses.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: