MARI BERBUAT UNTUK MANFAAT

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamualaikum wr wb.
Anda pernah Jera melakukan kegiatan tertentu ? Jera ada yang baik, namun tidak jarang ada yang buruk. Jera yang baik bertalian dengan sikap dan perilaku buruk. Misalnya, Jera merokok karena pernah rawat inap di rumah sakit terkena radang tenggorokan akut atau penyakit lain.

Contoh jera baik lainnya misalnya : Jera kebut-kebutan naik sepeda motor, karena pernah kecelakaan. Sedangkan Jera yang buruk berkenaan dengan perilaku baik. Misalnya, Jera karena membantu seseorang, dibalas dengan sikap mengecewakan; Jera membantu orang lain karena pernah disalah artikan; atau Jera menyatakan cinta karena pernah ditolak mentah-mentah.

Jera yang buruk inilah yang harus kita hindari.Sebab untuk berkegiatan hal-hal yang baik tidak seharusnya ada kata ”Jera” . Berikut ilustrasi tentang seseorang sebut saja namanya Badu yang sedang melakukan kegiatan sosial.

Diluar dugaan, sekelompok orang preman mendatangi dan menganiayanya. Begitu parah sampai-sampai orang banyak menyangkanya telah mati. Banyak luka yang dideritanya, tetapi kita tidak bisa membayangkan betapa parah dan menderitanya Badu.

Ternyata Badu tidak jera. Setelah sembuh dari perwatan penyakitnya, dia bangkit kembali aktif dalam kegiatan sosial seperti sedia kala. Apa rahasia ketegaran dan keteguhan Badu ?

Aku telah melupakan kejadian buruk yang terjadi dan aku mengarahkan diriku terhadap kegiatan didepanku untuk bermanfaat. Badu tidak membiarkan dirinya tenggelam dalam luka dan kepahitannya di masa lalu.

Ia mengarahkan diri kepada “obyek dihadapannya”, yaitu visi hidupnya untuk berkegiatan yang berguna bagi masyarakat. Karenanya ia tidak pernah Jera. Bagaimana dengan anda yang kini bersiap menjadi anggota ”Grup bermanfaat ?” Ingat dua sikap yang memungkinkan seseorang tidak maju yaitu tidak berbuat apa apa dan jera berbuat sesuatu.

Wassalamualaikum wr wb. FatchurR

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: