KERJASAMA DALAM KELOMPOK

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamualaikum wr wb.

Kita ditakdirkan untuk selalu bersama dengan orang lain (berkelompok) dan bekerjasama. Suatu kelompok (team kerja), bekerjasama melaksanakan sesuatu dalam hubungannya dengan tujuan kelompok tersebut, termasuk dalam menjalankan kegiatan

Suatu kelompok kerja misalnya DKM al Muaawanah dapat membangun efektivitas dan produktivitas-nya melalui peningkatan pengetahuan dan ketrampilan para pengurusnya dengan saling bertukar ilmu dan pengalaman atau mencari tambahan ilmu lainnya.

Pengurus DKM Al Muaawanah yang dapat dikelompokkan dalam Bidang : Dakwah / Pendidikan; Pengembangan fisik/mutu dan Pendukung, maka efektivitas dan produktivitas itu dapat diusahakan dengan peningkatan kualitas kerjasama diantara pengurus yang tergabung dalam Bidang tersebut.

Keberhasilan Bidang itu tidak hanya tergantung pada keahlian dan kepandaian masing-masing pengurusnya, tetapi sangat tergantung pada cara para pengurusnya saling membantu, dalam menyusun aturan main, menyepakati, konsisten dan lillahitaala menjalankannya.

Dengan demikian maka pengembangan efektivitas DKM Al Muaawanah tergantung cara-cara pengurus untuk saling berhadapan, saling berhubungan, saling bekerjasama dan cara berkomunikasi.

Kerjasama dan manfaatnya

Kerjasama dapat menambah produktivitas dan meningkatkan moral pengurus. Kerjasama dalam kelompok ini akan membuahkan hasil yang lebih baik. Apalagi jika dilengkapi dengan sikap yang lebih baik terhadap tugasnya tanpa pamrih.

Kerjasama akan dapat menambah tanggung-jawab pengurus dalam melakukan tugas dengan baik, dan menambah kepuasan jika berhasil menyelesaikan tugas masing-masing.  Kerjasama menjadi efektif  jika :

  1. Pengurus perlu memahami segala ketentuan dan mekanisme kerja yang ditetapkan.
  2. Setiap pengurus diharapkan ikut memecahkan masalah DKM minimal kelompok Bidangnya.
  3. Pengurus perlu menyadari kemungkinan saran yang diajukan oleh Bidang lain untuk Bidang mereka.
  4. Mengenali masalah dari Bidang lain, sehingga dapat membantu memberikan sumbangan bagi Bidang tersebut.

Pola dan perilaku yang tidak efektif bagi kelompok kerja, antara lain :

  1. Saling tidak menyetujui tindakan pengurus Bidang lain.
  2. Mempertahankan pendapat masing-masing secara kaku atau menolak gagasan pihak lain tanpa alasan yang jelas, atau menarik diri jika pendapatnya tidak disetujui
  3. Tidak mau membantu, masalah pengurus bidang lain
  4. Menjatuhkan kawan sesama Pengurus
  5. Memaksakan usulan tanpa kejelasan manfaatnya atau jika usulan dilaksanakan, maka akan meningkatkan biaya besar atau makin mempersulit proses kerja.

Jadi kontribusi apa yang dapat kita sajikan demi kemakmuran Masjid Al Muaawanah ?

Wassalamualaikum wr wb. FatchurR

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: