CINTA KEPADA ALLAH (2)

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamualaikum wr wb.

Banyak firman Allah Swt berkaitan dengan cinta, tetapi bila manusia berbicara tentang cinta ibarat lautan kehidupan yang tidak bertepi. Dengan cinta dia berjuang untuk hidup dan dengan cinta bersedia untuk mati.

Allah Swt berfirman : “Jika kalian (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku niscaya Allah mencintai kalian (Ali Imran 31). Ini disebut ayat cinta, berisi buah dan manfaatnya. Tanda cinta umat kepada Allah adalah mengikuti Rasul.

Siapa yang tidak mengikuti Rasul, berarti tidak akan memetik buah cinta. Di dalam Ash Shahih dari Anas bin Malik r.a, “ Rasulullah Saw bersabda, “Tiga perkara, siapa yang apabila tiga perkara ini ada padanya, maka dia akan mendapatkan manisnya iman, yaitu :

(1)    Hendaklah Allah dan Rasulnya lebih dicintai selain dari kepada keduanya.

(2)   Dia mencintai seseorang dan tidak mencintainya melainkan ka-rena Allah, dan

(3) Dia benci kembali kepada kekufuran setelah Allah menyelamatkannya dari kekufuran itu, sebagaimana dia benci dilemparkan keneraka.

Al Qur’an dan As Sunnah banyak ditebari tentang orang yang dicintai Allah, yaitu kalangan hamba yang beriman, yang diikuti dengan berita tentang yang dicintai Nya, berupa amal, perkataan dan akhlak mereka.

Disana juga disebutkan larangan yang dibenci Allah, berikut konsekuensinya.
Begitu pentingnya masalah cinta, sehingga andaikata masalah cinta ini gugur, maka gugur pula seluruh iman dan kebaikan, karena cinta merupakan ruh semua kedudukan dan amal.

Jika kedudukan atau amal tidak ada cinta, maka seperti jasad mati yang tidak memilki ruh. Perbandingan cinta dengan amal seperti ikhlas dengan amal. Bahkan cinta ini merupakan hakikat ikhlas. Siapa yang tidak memiliki cinta kepada Allah, maka dianggap tidak berserah kepadaNya

Wassalamualaikum wr wb.

Aguk disarikan dari : http://marwan-kultum.blogspot.com/2008_01_01_archive.html

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: