TUJUH PENYAKIT UMAT

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Suatu umat akan mengalami kehancuran manakala memiliki sifat-buruk yang kemudian disebut dengan penyakit umat. Hal itu mungkin saja terjadi pada umat Islam, karena itu Rasulullah saw. memperingatkannya dengan bersabda :

“Penyakit umat-umat (lain) akan mengenai umatku, (yaitu) mengingkari nikmat, sombong, bermegah-megahan, bermusuhan dalam (perkara) dunia, saling membenci, saling mendengki hingga melampaui batas.” (HR Hakim)

Berdasarkan hadits tersebut, penyakit umat yang harus diwaspadai oleh kaum muslimin di antaranya :

MENGINGKARI NIKMAT

Mengingkari nikmat menjadi penyakit yang berbahaya karena hal itu hanya akan mendatangkan murka Allah swt, sebagaimana firman-Nya, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab Ku sangat berat.” (Ibrahim: 7)

SOMBONG

Sombong adalah sebab utama mengapa setan dimurkai sehingga dia menjadi kafir. Allah swt. berfirman, “Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu kepada Adam!” Maka mereka pun sujud kecuali Iblis. Ia menolak dan menyombongkan diri ia termasuk golongan yang kafir.” (al-Baqarah: 34)

BERMEGAH-MEGAHAN

Bermegahan membuat manusia tidak puas lalu memperbanyak harta dengan cara yang haram. Hal ini amat berbahaya. Allah SWT, berfirman : “Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk kedalam kubur. Sekali-kali tidak !. Kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu).” (at-Takaatsur: 1-3)

BERMUSUHAN DALAM PERKARA DUNIA

Mencari kenikmatan dunia bukanlah sesuatu yang terlarang, namun bila untuk memperolehnya sampai harus bermusuhan dengan sesama manusia, apalagi sampai mencari legalitas hukum atas sesuatu yang tidak halal.

Allah SWT berfirman, “Dan janganlah kamu makan harta di antara kamu dengan jalan yang batil, dan (janganlah) kamu menyuap dengan harta itu kepada para hakim, dengan maksud agar kamu dapat memakan sebagian harta orang lain itu dengan jalan dosa, padahal kamu mengetahui.” (al-Baqarah: 188)

SALING MEMBENCI

Sesama manusia seharusnya saling mencintai, bukan saling membenci yang tecermin dalam bentuk suka mengolok-olok dan mencela. Karena saling membenci akan membawa kehancuran bagi umat itu

SALING MENDENGKI

Orang yang beramal saleh amat mendambakan pahala dari Allah SWT. Dengki menjadi penyakit umat karena di samping hubungan sesama menjadi buruk, nilai pahala akan terkikis. Rasulullah saw. bersabda : ‘Jauhilah hasad (iri hati, dengki), karena sesungguhnya hasad itu mengikis pahala sebagaimana api memakan kayu.” (HR Abu Dawud)

MELAMPAUI BATAS

Melampaui batas menjadi penyakit umat yang berbahaya karena hal ini menyalahi fitrah, baik dalam sikap maupun perbuatan. Oleh karena itu, Allah tidak suka kepada orang yang melampaui batas atau berlebihan sebagaimana firman-Nya,

“Wahai anak cucu Adam ! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (al-A’raaf: 31)

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

(FatchurR-disarikan dari : 160 Materi Dakwah pilihan- Drs H. Ahmad Yani).

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: