SYARAT UKHUWAH

Bismillahirrohmanirrhim, Assalamualaiku wr wr.

Ukhuwalz Islamiyah sangat penting untuk diwujudkan agar umat menjadi kuat. Ada persyaratan yang harus dipenuhi agar ukhuwah Islamiyah dapat diwujudkan, yaitu sebagai berikut :

IMAN DAN TAKWA

Iman dan takwa merupakan pijakan agar sesama mukmin bersaudara dan persaudaraan itu harus didasari oleh iman dan takwa. Allah swt. berfirman :

“Sesungguhnya orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Nya agar kamu mendapat rahmat.” (an-Nisaa: 10)

“Teman-teman karib pada hari itu saling bermusuhan satu sama lain, kecuali mereka yang bertakwa.” (az-Zukhruf: 67)

IKHLAS KARENA ALLAH

Keikhlasan kepada Nya menjadi persyaratan dalam membangun ukhuwah, karena dengan itu persaudaraan itu menjadi sejati. Allah berfirman :

“Dan tidaklah terpecah-belah orang-orang Ahli Kitab melainkan setelah datang kepada mereka bukti yang nyata. Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah, dengan ikhlas menaati-Nya semata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar).” (al-Bayyinah: 4-5)

TERIKAT DENGAN KETENTUAN AL-QUR’AN

Ukhuwah Islamiyah adalah persaudaraan dalam Islam, maka bila ada yang tidak mau terikat dengan ketentuan Al-Qur’an, tidak bisa terwujud ukhuwah itu. Allah berfirman,K

“Dan berpegang teguhlah kamu semuanya pada agama Allah, dan janganlah kamu bercerai berai. Ingatlah nikmat Allah ketika kamu dahulu (masa jahiliah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara. “(Ali Imran: 103)

SALING BER-TAUSHIYAH

Ukhuwah Islamiyah akan terwujud jika diantara sesama mukmin mau saling bertaushiyah atau nasehat-menasehati. Allah berfirman :

“Demi masa. Sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.” (al-’Asr: 1-3)

KERJA SAMA DALAM KEBENARAN

Dalam ukhuwah, diperlukan kerja sama yang baik antar sesama muslim, karena hal itu menjadi persyaratan untuk terwujudnya ukhuwah. Allah berfirman :

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan.” (al-Maa idah: 2)

(FatchurR-Dicuplik dari 160-Materi Dakwah……. ”Drs H. Ahmad Yani”)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: