PERLUKAH KULTUM ITU ?

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Sudah efektifkah Masjid Al Muaawanah memancarkan sinar bagi jamaahnya dalam hal : Kedisiplinan, kejujuran, menghargai waktu, gerakan hidup sehat, membudayakan tindakan yang bermanfaat dan dan mengajak untuk tidak merugikan orang lain ?.

Juga membangkitkan pencegahan banjir/genangan air, bersih lingkungan, membangun etos kerja, memacu jiwa usaha (enterpreneurship), gerakan tanam pohon dalam rangka mengurangi global warming dan sebagainya.

Pertanyaan akan berlanjut dengan kalau begitu betapa susahnya mencari Dai untuk memberikan Kultum misalnya tiap selesai Subu / Isya ?. Kita semua harus optimis bisa dilakukan karena Allah taala.

Anda tidak harus berpikir mencari Da’i harus bersurban, dapat berbahasa Arab dan berbagai persyaratan lainnya. Kalau semua syarat dipenuhi untuk saat ini alangkah sedikitnya penceramah kita. Pada hal saat ini negara kita sangat membutuhkan da’i yang memberi pencerahan kepada masyarakat.

Tengoklah di Komplek kita : Ada dokter dan mantan pejabat Kesehatan, pelaku industri, pejabat Pemda, ada pula person yang mengenal manajemen mutu, mantan pejabat perkebunan, pedagang, dan banyak lagi yang mungkin dapat disebutkan disini

Anda hari ini pun bisa menjadi da’i. Tidak usah tunggu menjadi intelektual Islam. Jangan tunggu anda menjadi idola masyarakat.  Jangan tunggu anda menjadi sufi. Rasulullah Saw pernah bersabda :

“Barangsiapa mengamalkan apa yang ia ketahui, maka Allah akan mewariskan kepadanya ilmu yang belum diketahuinya, dan Allah akan menolong dia dalam amalannya sehingga ia mendapatkan sorga.

Dan barangsiapa yang tidak mengamalkan ilmunya, maka ia akan tersesat oleh ilmunya itu dan Allah tidak menolong dia dalam amalannya, sehingga ia mendapatkan neraka.

Sabda Rasulullah cukup memberi motivasi ”amalkan dan sampaikan hal-hal yang diketahui”. Oleh karena itu saya sajikan untuk anda hari ini. ”Kuliah tujuh menit bagi orang awam biar sedikit asal faham”

Jika hari ini anda diminta untuk menyampaikan kuliah tujuh menit ayo berdiri sampaikan apa yang anda ketahui, mungkin anda katakan :

  • Jangan mencuri
  • Jangan menzalimi orang lain
  • Awas jangan membuang sampah sembarangan.
  • Bersihkan hati, jangan dengki
  • Ingat Tuhan ada disekitar kita, Dia Maha mendengar dan Maha Melihat
  • Mari merubah gaya hidup kita
  • Ayo bekerja (berjualan barang / jasa) dengan keras dan disuka pelanggan kita

Yang penting apa yang anda sampaikan dengan penuh ketulusan dan penuh keikhlasan, dan yang lebih penting lagi apa yang anda sampaikan sesuai dengan perilaku anda. Nah disinilah letak luar biasanya.
Anda sukses dimata Tuhan dan sukses dimata manusia.

Ya Allah Tuhan yang Maha Cerdik ilhamkan kepada kami kecerdikan Mu dan hidupkan kami menjadi orang yang cerdik. Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan

Ya Allah, Yang Maha Mengetahui. Ajarkan kepada kami apa yang kami tidak ketahui. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

(Fatchur-Disarikan dari http://marwan-kultum.blogspot.com/2008/01/anda-pun-bisa-jadi-dai.html)

Tag:

2 Tanggapan to “PERLUKAH KULTUM ITU ?”

  1. refa Says:

    Masya Allah … benar-benar tulisan yang indah dan bersemangat.
    Salam hormat dan takzim.

  2. karya cipta agung Says:

    Terima kasih, slahkan nikmati sajian artikel lainnya yang insya Allah akan dipertahankan menarik. FR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: