HAI REMAJA, KREATIF YUK !

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamualaikum wr wb
Hai Remaja muslim.

Kaum muda-remaja identik dengan sibuk, ingin maju, tidak mau statis, maunya perubahan dan melakukan kreatiVitas. Sebetulnya masih banyak lagi konotasi tentang mereka, namun penulis hanya menyajikan itu ajah ya !. Tapi apa golnya (yang mau dicapai apa sih) ?

Komunitas Al Muaawanah Sukamenak Indah Sayati Bandung, ingin mengajak anda untuk berguna bagi masyarakat, mengambil manfaat dengan menggali ilmu melalui Blog ini, berbagi ilmu dan pengalaman anda, sehingga sharing dari anda menjadi teladan bagi remaja lain serta memberikan masukan yang membangun.

Dengan memanfaatkan konotasi tersebut, yang dapat kita lakukan untuk memajukan masjid (DKM) diantaranya :
1.    Membangun sistem mutu
a.    Tidak aneh jika DKM (Masjid) memiliki AD/ART, setidaknya menampilkan Misi :
1)    Memberikan pemahaman yang utuh tentang hukum Islam kepada para jamaahnya, sehingga mereka Insya Allah mendapatkan kebahagiaan sejati di dunia dan akhirat- yang diridlai Allah SWT
2)    Memfasilitasi sarana agar jamaah khusuk beribadah dan nyaman melaksanakannya, agar ketaqwaannya makin meningkat.
3)    Beraktivitas  yang bernafaskan Islam di bidang da’wah, sosial, ekonomi dan pendidikan.
4)    Membangun bisnis sehingga dapat membantu membiayai operasional masjid; dapat menciptakan lapangan kerja untuk mensejahterakan masyarakat khususnya disekitar masjid.
b.    Menyusun organisasi DKM atau restrukturisasi, personil, wewenang dan tugas pengurus, target yang akan dicapai dalam rangka meraih Misi DKM.
c.    Membangun sistem dan prosedur kerja.

2.    Mencari dan mamanfaatkan peluang
a.    Diawali membentuk Yayasan atau apapun sebagai wadah berbisnis, misalnya berkoperasi, berikut dengan kelengkapan persyaratan Legalnya.
b.    Memanfaatkan peluang bisnis dari kelebihan jamaahnya, khususnya menggunakan Remaja sebagai pemikir dan memberikan semangat kepada mereka untuk berkreatif dalam menyususn strategi berbisnis yang profesional dan didampingi para senior Masjid.
c.    Jeli melihat dan menangkap peluang bisnis disekitarnya.
d.    Menggelorakan semangat menggunakan produk dalam negeri.
e.    Mengamati kondisi usaha kecil, ikut memajukan dan menjadi solusi bagi para pelaku UMKM didaerahnya

3.    Meluncurkan Web / Blog agar dapat bermanfaat untuk :
a.    Peningkatan dakwah melalui dunia maya, dengan menyajikan Kultum (kuliah tujuh menit), materi khotbah dan masalah dakwah lainnya.
b.    Mengefisienkan potensi para remaja yang cenderung sibuk oleh tugas sekolah, kuliah atau pekerjaan, melalui Web atau email / facebook dan sebagainya
c.    Sebagai sarana pembelajaran dalam mengelola Web / Blog ini atau mengambil manfaat dari konten (sajian) yang disediakan
d.     Memperlancar bisnis atau bisa juga web DKM pada saatnya bernilai bisnis.

4.    Penutup
a.     Kedengarannya aneh kalau DKM akan melakukan hal-hal semacam ini, tapi kalau demi kemaslahatan umat kenapa tidak ?
b.     Anda yang tinggal di Komplek ini silahkan bergabung langsung untuk berkontribusi. Tidak tertutup kemungkinan bagi Remaja pada umumnya untuk ikutan bermanfaat dengan memberikan masukan atau berbagi pengalaman yang perlu.
c.     Marilah kita berparadigma dengan prinsip melupakan ”Aku tidak mampu berkontribusi pada ide ini” menjadi ”Aku akan berupaya berkontribusi dalam program ini sekecil apapun”
Wassalamualaikum wr wb. (Aguk-disajikan untuk dua Blog)

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: