CIRI ORANG BERTAQWA

Bismillahirrohmanirrhim, Assalamualaikum wr wb.

Ibadah harus dilakukan dengan benar, tidak bisa dikarang atau sembarangan. Mesti mencontoh sesuai dengan yang diteladankan Rasulullah SAW. Ibadah yang tidak dicontohkan dapat dikategorikan dalam bid’ah.

Marilah kita mengevaluasi beberapa hari ini setelah melakukan pelatihan Ramadhan. Tujuan takwa yang akan diraih oleh banyak orang, tidaklah mudah untuk dilaksanakan dan dicapai. Banyak halangan dan rintangan yang menghadang. Oleh karena itu, kita mesti bisa memelihara takwa itu dalam 11 bulan diluar Ramadhan.

Surat Ali Imran (3) :133&134,”Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, — (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

Untuk menebus kesalahan, maka kita bisa lakukan menuntut ilmu (ibadah). Ibadah ritual, sebagaimana ditulis di atas, mestilah sesuai dengan contoh Rasulullah SAW. Menuntut ilmu harus dilakukan oleh semua muslim, tidak dibatasi oleh usia, daerah atau apapun.

Surga merupakan impian bagi banyak orang. Namun, surga hanya bisa didapat / diraih jika kita mendapatkan ampunan dan rahmat dari ALLAH SWT. Bisa juga dikatakan, surga hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang bertakwa.

Ciri orang yang bertakwa :

  1. Berinfaq di kala lapang maupun sempit (terutama terkait dengan rejeki / materi).
  2. Menahan amarah / emosi untuk hal-hal yg tidak dibenarkan oleh ALLAH SWT.
  3. Selalu memaafkan kesalahan orang lain. Tidak perlu ada dan menyimpan dendam.

Ketakwaan seseorang bisa dilihat dari ketaatan dia melakukan perintah-perintah ALLAH SWT dan menjauhi larangan-laranganNya.

Wassalamualaikum wr wr. (FatchurR-bahan dari http://khutbahjumat.wordpress.com/2009/02/23/khutbah-jumat-20081017/

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: