DUA HUBUNGAN MANUSIA

Salah satu kewajiban Muslim : Menjalin hablum minallah (hubungan yang baik kepada Allah) dan hablum minannas (hubungan yang baik dengan manusia). Hubungan dengan Allah dengan menyembah dan menunjukkan pengabdian kepada-Nya tanpa syirik, yang besar dan yang kecil.

Demikian halnya hubungan dengan manusia. Antara manusia yang satu dengan lainnya saling membutuhkan, sehingga seharusnya manusia bisa menjalin hubungan yang sebaik baiknya. Untuk itu marilah berbuat baik kepada kedua orang tua, kerabat, anak yatim, orang miskin, tetangga dekat, teman.

  1. Berbaik kepada ortu, karena mereka telah melahirkan, membesarkan dan mendidik dengan pengorbanan harta dan jiwa sehingga seorang anak tumbuh besar. Setiap anak harus  menunjukkan kebaikan maksimal kepada ortu. Sebaik apa pun perbuatan kita kepada ortu, tidak akan mampu membalas jasa dan kebaikan orang tua.
  2. Berlaku baik kepada kerabat dan silaturrahim harus ditingkatkan. Bila seorang muslim memutuskan hubungan silaturrahim, bisa menyebabkan dia terhalang masuk ke surga.
  3. Berlaku baik kepada anak yatim. Mereka membutuhkan perhatian, pendidikan dan nafkah dari ortunya. Karena mereka yatim, maka kaum muslim dituntut menggantikan peran ortunya.
  4. Berlaku baik kepada orang miskin, karena kemiskinan harus diatasi dan dikurangi.
  5. Juga harus berlaku baik kepada tetangga.
  6. Berlaku baik kepada teman dan bisa berbagi dan merasakan penderitaan maupun kebahagiaan.
  7. Berlaku baik kepada Musafir yang melakukan perjalanan.
  8. Berlaku baik kepada Pembantu Rumah Tangga (PRT), meskipun ia berbeda kedudukan.
  9. Disamping kita harus beruat baik, kita dituntut untuk tidak boleh sombong kepada meraka. FatchurR– Dikembangkan dari 160 materi dakwah pilihan-Drs. H. A. Yani)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: