PERHATIKAN JUGA YANG TERSIRAT

Bismillahirrohmanirrohim, Assalamualaikum wr wr.

Banyak ayat Al-Quran yang menyuruh membaca dan memikirkan kejadian alam disekitar kita. Intinya Allah memerintahkan kepada kita tidak hanya puas dengan yang tersurat tetapi juga jeli memanfaatkan yang tersirat.

Kerugian dari orang yang tidak mampu membaca yang tersirat, dapat dibayangkan jika kita lihat contoh misteri alam berikut ini, untuk direnungkan dari kejadian yang dialami burung gereja.

Seekor burung gereja yang terbang dimusim salju. Karena sangat kedinginan, sehingga sayapnya membeku tidak bisa dikepakkan. Iapun jatuh ditengah lapang. Beberapa saat terbaring, lewatlah seekor sapi yang kebetulan membuang kotorannya tepat ditubuh burung tersebut. Sumpah serapahpun keluar dari mulut burung itu.

Tanpa disadari oleh burung itu, kotoran sapi yang menimpanya menghangatkan tubuhnya, sehingga lambat laun suhu tubuhnya menjadi normal. Ketika sedang bersiap mau terbang kembali, datanglah seekor kucing. Burung tersebut panik ingin secepatnya menghindar, tetapi rupanya tidak mampu, karena sebagian sayapnya masih membeku.

Dengan ketakutan ia pasrah atas nasibnya. Anehnya biasanya kucing kalau melihat burung langsung menerkamnya, kini bersifat simpatik. Dia tidak mengganggunya, malahan menjilat-jilat tubuh burung, seolah-olah mau membersihkan kotoran yang menempel ditubuh burung.

Hangatnya kotoran sapi dan jilatan kucing itu, mampu memulihkan kondisi burung sehingga dia mampu terbang kembali. Namun demikian burung itu tidak mau terbang. Dia sangat menikmati jilatan kucing yang dianggap memanjakannya.

Karena itu dia tetap berbaring dan berpura-pura masih kedinginan, dengan harapan agar terus dijilati kucing. Selanjutnya melihat burung tersebut telah bersih, kucing itu dengan garangnya menerkam burung yang bodoh itu.

Burung tersebut melambangkan orang yang hanya pandai melihat yang tersurat. Baginya yang tidak menyenangkan dianggapnya buruk dan yang mendatangkan kenikmatan dianggap pasti baik. Orang seperti ini berlawanan dengan firman Allah (Al Baqarah ayat 216) : ”Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal dia amat baik bagimu. Dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal amat buruk bagimu. Allah maha mengetahui  apa yang tidak kamu ketahui”

Wassalamualaikum wr wr. (FatchurR-bahan dari Renungan kalbu oleh Ir Permadi Alibasyah)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: